Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi Sebut LRT Beroperasi 26 Agustus, KAI: Kami Terus Lakukan Penyempurnaan

Kompas.com - 11/08/2023, 09:09 WIB
Ade Miranti Karunia,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Kereta Api Indonesia/KAI (Persero) memastikan persiapan operasional LRT Jabodebek dapat berjalan dengan baik sebelum mulai beroperasi penuh pada 26 Agustus 2023.

Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo menuturkan, seluruh operasi LRT Jabodebek dilakukan secara otomatis tanpa masinis, menggunakan sistem Communication-Based Train Control (CBTC) dengan Grade of Automation (GoA) level 3.

"Sistem yang baru pertama kali diterapkan di Indonesia ini terus kami lakukan penyempurnaannya agar saat melayani pelanggan dapat beroperasi dengan lancar, selamat, dan nyaman," katanya ketika mendampingi kunjungan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke LRT, dikutip dari pernyataan tertulis, Jumat (11/8/2023).

Baca juga: Kapan LRT Beroperasi Komersial? Ini Jawaban Presiden, KAI, dan Kemenhub

Didiek bilang, pelaksanaan pengujian terus dilakukan untuk memastikan integrasi antara sistem, persinyalan, kelistrikan, prasarana, kereta, dan komponen pendukung lainnya agar berjalan dengan baik.

Sehubungan dengan kompleksitas pengujian maka diperlukan penyesuaian dan percobaan secara berkelanjutan sehingga mencapai kondisi optimal untuk menjamin keselamatan dan kenyamanan penumpang.

Pembangunan LRT Jabodebek pun dilakukan kerja sama berbagai pihak untuk menghadapi dinamika dan tantangan penyelesaian proyek yang kini progresnya mencapai 98,26 persen.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung sehingga LRT sebentar lagi akan kita rasakan bersama pelayanannya. Kami juga memohon dukungan seluruh kalangan masyarakat agar ketika beroperasi nanti, mampu memberikan pelayanan terbaik serta berkontribusi terhadap pengurangan kemacetan di Ibu Kota," ucap Didiek.

Baca juga: Beda Argumen Wamen BUMN dan Menteri PUPR soal Longspan LRT Jabodebek

Sebelumnya, LRT Jabodebek dijadwalkan beroperasi penuh pada 18 Agustus 2023. Sayangnya, tanggal tersebut molor lantaran masih ada sistem yang perlu disempurnakan.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memastikan LRT beroperasi penuh pada 26 Agustus 2023. Hal ini disampaikan Jokowi usai menjajal perjalanan LRT Jabodebek dari Stasiun Jati Mulya, Bekasi, menuju Stasiun Dukuh Atas.

Perjalanan ini dilakukan untuk memeriksa sistem operasional LRT yang perlu ada penyesuaian dalam beberapa waktu terakhir.

"Kemungkinan, Insya Allah (diresmikan tanggal) 26 Agustus," kata Jokowi di Stasiun Dukuh Atas, Jakarta, Kamis (10/8/2023).

Hal yang sama juga diungkapkan oleh Juru Bicara Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Adita Irawati. Kata dia, Kemenhub akan mengikuti perintah presiden mengenai jadwal LRT beroperasi penuh.

"Tadi Pak Presiden menyampaikan demikian (diresmikan 26 Agustus 2023)," ucap Adita kepada Kompas.com, Kamis.

Baca juga: Jelang Beroperasi, Kemenhub Pastikan Aspek Keselamatan LRT Jabodebek

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com