BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan IM3 Indosat

Rayakan Kemerdekaan Indonesia, IM3 Luncurkan Kampanye Rayakan Kemerdekaan Bareng 4 Musisi Perempuan Inspiratif

Kompas.com - 15/08/2023, 15:20 WIB
Aningtias Jatmika,
Agung Dwi E

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – “Sekali merdeka tetap merdeka. Selama hayat masih di kandung badan”. Begitulah penggalan lirik lagu “Hari Merdeka” ciptaan Husein Mutahar.

Lirik lagu yang diciptakan setahun setelah kemerdekaan Indonesia itu tetap relevan sepanjang tahun. Kemerdekaan kini tidak hanya bermakna terbebas dari penjajahan.

Kemerdekaan juga berkaitan dengan kebebasan untuk menentukan berbagai aspek kehidupan, mulai dari kebebasan berpendapat dan berekspresi, mengakses layanan pendidikan dan kesehatan, hingga memeluk agama dan menentukan pilihan politik.

Berkaca dari nilai tersebut, Indosat Ooredoo Hutchison atau Indosat juga menyadari bahwa masyarakat Indonesia perlu bebas mendapatkan akses terhadap layanan komunikasi tanpa batas.

Bertepatan dengan perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-78 Kemerdekaan Indonesia, Indosat melalui produk IM3 meluncurkan kampanye bertajuk “Rayakan Kemerdekaanmu dengan Freedom Internet” di Auditorium KPPTI, Jakarta Pusat, Kamis (10/8/2023).

Director and Chief Commercial Officer Indosat Ooredoo Hutchison, Ritesh Kumar Singh, mengatakan, perjalanan panjang Indonesia mengisi kemerdekaan selama 78 tahun juga ditandai dengan kemajuan teknologi yang bermanfaat dalam berbagai hal, termasuk kebutuhan telekomunikasi.

“IM3 melihat pentingnya masyarakat Indonesia agar tetap terhubung guna memperkuat ikatan mereka, terlebih saat merayakan kemerdekaan,” jelas Ritesh.

Untuk itu, lanjut dia, IM3 menyediakan Paket Freedom Internet. Produk ini merupakan salah satu bentuk komitmen Indosat untuk menghadirkan layanan internet yang membuat masyarakat terus terhubung tanpa khawatir kapan pun dan di mana pun.

Freedom Internet dari IM3 memungkinkan pengguna untuk mengakses internet selama 24 jam dengan berbagai pilihan kuota sesuai kebutuhan komunikasi pengguna. KOMPAS.com/Aningtias Jatmika Freedom Internet dari IM3 memungkinkan pengguna untuk mengakses internet selama 24 jam dengan berbagai pilihan kuota sesuai kebutuhan komunikasi pengguna.

Executive Vice President Head of Marketing IM3, Alistair David Johnston, menjelaskan bahwa Freedom Internet memungkinkan pengguna untuk mengakses internet selama 24 jam dengan berbagai pilihan kuota sesuai kebutuhan komunikasi pengguna.

Pada momen Kemerdekaan Indonesia, pengguna bisa menikmati promo paket Freedom Internet, seperti Freedom Internet 100 GB/30 Hari. Adapun paket ini dibanderol dengan harga Rp 150.000.

“Promo tersebut bisa didapatkan secara langsung melalui aplikasi myIM3,” kata David.

Pesta Rakyat di 10 kota di Indonesia

Ritesh melanjutkan, perayaan kebebasan serta kemerdekaan yang diikuti semangat nasionalisme menjadi momen yang dinanti masyarakat Indonesia tiap Agustus. Semangat ini diwujudkan Indosat lewat gelaran Pesta Rakyat IM3.

“Pada gelaran tersebut, pengunjung bisa mengikuti berbagai lomba 17-an, seperti panjat pinang, balap karung, sepeda hias, dan tarik tambang,” ucap Ritesh.

Baca juga: Indosat Kenalkan Alat Sensor yang Mampu Cegah Pencurian Aset

Sebagai informasi, Pesta Rakyat IM3 diselenggarakan di 10 kota Indonesia, yakni Medan, Lampung, Bekasi, Serang, Cirebon, Surakarta, Madiun, Sidoarjo, Samarinda, dan Pontianak. Gelaran ini berlangsung pada Sabtu (19/8/2023) dan Minggu (20/8/2023).

David menambahkan, demi menyebarluaskan semangat perayaan kemerdekaan bagi seluruh masyarakat Indonesia, keseruan Pesta Rakyat juga dapat dinikmati secara digital oleh masyarakat di mana pun mereka berada melalui aplikasi myIM3.

“Pelanggan IM3 bisa mengikuti berbagai permainan seru Pesta Rakyat myIM3 yang bertema kemerdekaan. Lewat permainan ini, pelanggan berkesempatan mendapatkan beragam hadiah menarik,” kata David.

Pelanggan IM3 bisa mengikuti berbagai permainan seru Pesta Rakyat myIM3 yang bertema kemerdekaan lewat aplikasi myIM3KOMPAS.com/Aningtias Jatmika Pelanggan IM3 bisa mengikuti berbagai permainan seru Pesta Rakyat myIM3 yang bertema kemerdekaan lewat aplikasi myIM3

Beberapa hadiah yang bisa disediakan adalah iPhone 14 Pro Max, promo paket data Freedom Internet, diskon 50 persen redeem reward IMPOIN, kuota internet hingga 78 GB, dan diskon 30 persen dari berbagai merchant favorit pelanggan.

David melanjutkan, Pesta Rakyat M3 juga diramaikan musisi Collabonation dan JKT 48. Mereka ikut meramaikan perlombaan khas 17-an yang dapat disaksikan secara live streaming melalui kanal YouTube dan akun TikTok @indosatIM3.

Rilis video musik “Negeriku”

Pada perayaan kemerdekaan tahun ini, Indosat juga merilis video musik lagu berjudul “Negeriku”. Sebagai informasi, lagu “Negeriku” dipopulerkan oleh musisi legendaris Indonesia Chrisye pada 1997.

Lagu yang terdapat pada album Kala Cinta Menggoda tersebut mengisahkan kecintaan dan kebanggaan seseorang terhadap negerinya.

Baca juga: Jaringan Internet Indosat Jangkau Area Terluar, Terdepan dan Tertinggal Kepri

Pada musik video itu, Indosat menggandeng empat penyanyi perempuan Indonesia inspiratif lintas genre dan generasi. Mereka adalah Vina Panduwinata, Nadin Amizah, Idgitaf, dan Feby Putri. Musisi Badrus Zeman juga terlibat dalam pembuatan ulang lagu ini.

Ritesh mengatakan, keempat musisi perempuan tersebut merupakan representasi kebebasan berekspresi melalui musik.

“Selama ini, perjuangan identik dengan kaum adam. Padahal, kehidupan dimulai dari perjuangan seorang perempuan, yakni ibu, saat melahirkan kita ke dunia,” cerita Ritesh yang terkenang sosok ibunya.

Indosat berkolaborasi bersama Vina Panduwinata, Nadin Amizah, Idgitaf, dan Feby Putri merilis video musik lagu Negeriku yang dipopulerkan oleh Chrisye.@HIGH_ISO_HAFIYYAN FAZA Indosat berkolaborasi bersama Vina Panduwinata, Nadin Amizah, Idgitaf, dan Feby Putri merilis video musik lagu Negeriku yang dipopulerkan oleh Chrisye.

Menurut dia, musik juga merupakan bahasa universal. Musik menjadi salah satu media yang paling efektif untuk menyebarkan semangat kemerdekaan, terutama kepada generasi muda penerus bangsa.

Lewat video tersebut, Indosat menegaskan bahwa kemerdekaan berkaitan dengan rasa bebas.

“Kebebasan harus bisa dirayakan siapa pun, khususnya kebebasan untuk terus terhubung kapan pun dan di mana pun. Hal terpenting, bebas dari semua rasa khawatir,” kata Ritesh.

Sebagai informasi, video berdurasi 8.30 itu dibuat semarak dengan latar kemeriahan perayaan HUT RI di Indonesia. Keempat musisi wanita ini tampak ikut terlibat berbagai kegiatan perayaan, seperti pementasan seni, pawai, lomba kelereng, dan parade sepeda hias.

Vina Panduwinata merasa bangga dapat terlibat dalam pembuatan video lagu “Negeriku”. Dia pun menceritakan salah satu momen terbaik pada pembuatan video tersebut.

Baca juga: 6 Alasan Langganan IM3 Postpaid, Cocok buat Kamu yang Punya Segudang Aktivitas Digital

“Kehadiran empat veteran Perang Kemerdekaan pada video itu menjadi pengingat tersendiri bagi saya. Sebagai generasi penerus, sudah sepatutnya kita meneruskan perjuangan mereka,” ujar penyanyi yang dijuluki Si Burung Camar itu.

Hal senada juga dituturkan Nadin Amizah. Bagi penyanyi yang populer berkat lagu “Bertaut” itu, perayaan 17-an selalu identik dengan berbagai tradisi yang mempersatukan seluruh lapisan masyarakat.

“Semoga penampilan kami dalam perayaan kemerdekaan Indonesia tahun ini bisa kembali membangkitkan semangat nasionalisme, sekaligus menghidupkan kembali tradisi perayaan kemerdekaan untuk masyarakat Indonesia,” imbuh Nadin.

Keseruan kampanye “Rayakan Kemerdekaanmu dengan Freedom Internet” dan gelaran Pesta Rakyat IM3 dapat pelanggan temukan pada im3.id/kemerdekaan.

Baca tentang

komentar di artikel lainnya
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com