Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tekan Angka Kemiskinan pada 2024, Jokowi Alokasikan Anggaran Rp 493,5 Triliun

Kompas.com - 16/08/2023, 16:00 WIB
Haryanti Puspa Sari,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, pemerintah berkomitmen untuk mempercepat penurunan kemiskinan dan meningkatkan kesejahteraan rakyat.

Ia mengatakan, untuk mencapai hal tersebut, pemerintah mengalokasikan anggaran sebesar Rp 493,5 triliun.

"Untuk pembangunan SDM jangka panjang untuk memutus rantai kemiskinan, anggaran perlindungan sosial dialokasikan sebesar Rp493,5 triliun," kata Jokowi dalam Pidato Nota Keuangan 2024 di Gedung DPR, Jakarta, Rabu (16/8/2023).

Baca juga: Jokowi: Kesempatan Indonesia Lepas dari Middle Trap Income Tidak Terbuka Selamanya

Jokowi mengatakan, sejalan dengan hal tersebut, reformasi program perlindungan sosial diarahkan pada penyempurnaan perlindungan sosial sepanjang hayatan adaptif, subsidi tepat sasaran dan berbasis target penerima manfaat.

"Kemudian perbaikan basis data penerima antara lain melalui penguatan data registrasi sosial ekonomi, serta percepatan penghapusan kemiskinan ekstrem pada tahun 2024," ujarnya.

Lebih lanjut, Jokowi juga mengatakan, untuk menghadirkan SDM yang sehat dan produktif, pemerintah menganggaran kesehatan direncanakan sebesar Rp186,4 triliun atau 5,6 persen dari APBN.

Baca juga: Jokowi: Rasio Utang Indonesia Salah Satu yang Paling Rendah di Antara G20 dan ASEAN

Ia mengatakan, anggaran tersebut diarahkan untuk transformasi sistem kesehatan, mendorong berkembangnya industri farmasi yang kuat dan kompetitif, meningkatkan akses dan kualitas layanan primer dan rujukan.

"Menjamin tersedianya fasilitas layanan kesehatan yang andal dari hulu kehilir, mengefektifkan program JKN, serta mempercepat penurunan prevalensi stunting agar mencapai 14 persen di tahun 2024 yang dilakukan melalui perluasan cakupan seluruh kabupaten/kota di Indonesia, dengan penguatan sinergi berbagai institusi," ucap Jokowi.

Baca juga: Jokowi Siapkan Rp 422,7 Triliun untuk Pembangunan Infrastruktur di 2024

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com