Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada Tren "Live Video" hingga AI, UKM Harus Beradaptasi dengan Perubahan Teknologi

Kompas.com - 20/08/2023, 11:02 WIB
Aprillia Ika

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Penting bagi Usaha Kecil dan Menengah (UKM) untuk terus beradaptasi dengan perubahan teknologi yang dinamis. Sebab tren berjualan kini mulai bergeser dari sekadar berjualan secara online menjadi berjualan dengan live video.

Catatan Sribu.com, dalam 1 dekade terakhir terjadi perubahan signifikan di dunia media sosial dan search engine optimization (SEO).

Sebagai contoh, Facebook menjadi media sosial primadona pada 10 tahun lalu, yang rata-rata kontennya berupa gambar. Namun, kini tren telah bergeser ke Instagram dan TikTok dengan konten yang didominasi oleh tayangan video.

Jika saat ini tren penjualan bergerak ke live video, maka UKM membutuhkan talent seperti videografer dan tool pembuat video. Serta, pemahaman akan SEO yang bergeser, yakni tekonsentrasi pada penciptaan konten yang sesuai dan relevan dengan audiens.

Baca juga: Live Shopping Makin Diminati, Ekonom: Nanti Mirip China, Banyak Ruko Kosong Jadi Lokasi Video Streaming

Hal ini, tidak mudah tentunya bagi UKM, terutama menambah karyawan untuk memenuhi kebutuhan adaptasi teknologi dan digitalisasi.

Untuk itu, Sribu.com hadirkan solusi penyediaan freelancer terkurasi. Jasa ini telah melayani 30.000 UKM di Indonesia selama 11 tahun terakhir. Jasa ini mencakup branding, packaging, logo, foto makanan, foto minuman, data entry, content upload, dan manajemen media sosial.

Untuk memanfaatkan jasa freelancer, UKM sebaiknya memiliki keuntungan sekitar Rp 10 juta-Rp 20 juta per bulan, atau sekitar Rp 300 juta per tahun. Layanan jasa ini disarankan untuk UKM yang baru saja dimulai atau dalam tahap berkembang.

Baca juga: Cara Live di Tokopedia Play untuk Penjual Pemula

Sewa jasa freelancer adalah cara efektif untuk mengelola biaya, sehingga bisnis dapat tumbuh.

"Kami menyediakan opsi hire freelance menjadi full time di bidang IT, seperti web developer dan pengembang aplikasi atau program. Ke depannya, akan lebih banyak freelancer bidang lain yang bisa direkrut langsung oleh UKM,” ujar CEO Sribu.com Ryan Gondokusumo, melalui keterangan pers, Minggu (20/8/2023).

Namun jika UKM sudah ingin ekspansi, pembukaan cabang baru atau menjangkau customer lebih luas lagi, UKM bisa mulai mempertimbangkan untuk merekrut karyawan penuh waktu.

Halaman Berikutnya
Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com