Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
RILIS BIZ

Momen Kemerdekaan, Sequis Ajak Generasi Penerus untuk Merencanakan Keuangan

Kompas.com - 20/08/2023, 20:32 WIB
Sri Noviyanti

Editor

KOMPAS.com – Masih dalam momen memeringati Hari Kemerdekaan Indonesia, perusahaan asuransi Sequis mengajak masyarakat untuk sadar akan pentingnya perencanaan keuangan.

Hal tersebut penting dilakukan agar dapat mencapai kesejahteraan dan mencapai kemerdekaan finansial.

“Mencapai kesejahteraan haruslah dimulai dari memiliki pengetahuan yang benar tentang perencanaan keuangan dan melakukannya secara disiplin,” ujar Faculty Head Sequis Quality Empowerment Yan Ardhianto dalam rilis yang diterima Kompas.com, Minggu (20/8/2023).

Yan juga menambahkan, saat menjalankan rencana keuangan, generasi penerus juga mesti bijak menggunakan uang agar terhindar dari sifat boros.

“Banyak orang salah memaknai kemerdekaan finansial. Ada yang ingin meraih merdeka finansial lalu mengambil jalan pintas dalam berinvestasi karena tergiur bunga tinggi, padahal berisiko tertipu investasi bodong,” tambahnya.

Baca juga: Sequis Life Cetak Laba Setelah Pajak Rp 570,29 Miliar Sepanjang 2022

Lalu, ada pula yang ingin menjadi pengusaha tanpa persiapan finansial dan meminjam modal dengan jumlah tinggi. Pada akhirnya, malah terjebak kredit macet.

“Ada juga yang memaknai merdeka finansial sebagai tampilan yang terlihat kaya dan mapan, tetapi malah terlilit utang kartu kredit atau pinjaman online (pinjol).,” lanjutnya.

Itulah mengapa, kata dia, masyarakat perlu meningkatkan pengetahuan finansial agar tidak terjerat utang berbunga tinggi dan tidak mudah tertipu oleh oknum investasi bodong.

”Di sinilah pentingnya perencanaan keuangan,” sebut Yan.

Yan juga menyarankan agar masyarakat meningkatkan pengetahuan manajemen risiko agar bisa memitigasi harta dan aset.

”Ada inflasi yang dapat menyebabkan harga barang naik dan nilai aset turun sehingga menabung saja tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan masa depan,” ujarnya.

Baca juga: Capai Kemerdekaan Finansial dengan Perencanaan Keuangan

Maka, kata dia, berinvestasi adalah cara meningkatkan nilai aset yang tepat. Meski demikian, generasi penerus perlu memilih jenis dan tempat investasi yang resmi dan aman.

”Risiko lainnya adalah kemungkinan serangan sakit hingga kematian sehingga kita memerlukan asuransi kesehatan dan asuransi jiwa terbaik. Dengan manfaat asuransi, maka kita dapat merdeka dari rasa khawatir akan besarnya biaya pengobatan atau kehilangan mata pencaharian yang berpotensi menggerus tabungan dan aset,” kata Yan.

Setelah memiliki pengetahuan finansial, langkah selanjutnya adalah melakukan perencanaan keuangan dan jalankan dengan disiplin seberapa pun pendapatan yang dimiliki.

”Manfaat melakukan perencanaan keuangan dengan disiplin adalah untuk menjaga arus kas, membantu kita melakukan prioritas pengeluaran, memaksimalkan aset, serta membantu merencanakan masa depan dengan lebih baik,” ujarnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com