Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Momen Kemerdekaan, Sequis Ajak Generasi Penerus untuk Merencanakan Keuangan

KOMPAS.com – Masih dalam momen memeringati Hari Kemerdekaan Indonesia, perusahaan asuransi Sequis mengajak masyarakat untuk sadar akan pentingnya perencanaan keuangan.

Hal tersebut penting dilakukan agar dapat mencapai kesejahteraan dan mencapai kemerdekaan finansial.

“Mencapai kesejahteraan haruslah dimulai dari memiliki pengetahuan yang benar tentang perencanaan keuangan dan melakukannya secara disiplin,” ujar Faculty Head Sequis Quality Empowerment Yan Ardhianto dalam rilis yang diterima Kompas.com, Minggu (20/8/2023).

Yan juga menambahkan, saat menjalankan rencana keuangan, generasi penerus juga mesti bijak menggunakan uang agar terhindar dari sifat boros.

“Banyak orang salah memaknai kemerdekaan finansial. Ada yang ingin meraih merdeka finansial lalu mengambil jalan pintas dalam berinvestasi karena tergiur bunga tinggi, padahal berisiko tertipu investasi bodong,” tambahnya.

Lalu, ada pula yang ingin menjadi pengusaha tanpa persiapan finansial dan meminjam modal dengan jumlah tinggi. Pada akhirnya, malah terjebak kredit macet.

“Ada juga yang memaknai merdeka finansial sebagai tampilan yang terlihat kaya dan mapan, tetapi malah terlilit utang kartu kredit atau pinjaman online (pinjol).,” lanjutnya.

Itulah mengapa, kata dia, masyarakat perlu meningkatkan pengetahuan finansial agar tidak terjerat utang berbunga tinggi dan tidak mudah tertipu oleh oknum investasi bodong.

”Di sinilah pentingnya perencanaan keuangan,” sebut Yan.

Yan juga menyarankan agar masyarakat meningkatkan pengetahuan manajemen risiko agar bisa memitigasi harta dan aset.

”Ada inflasi yang dapat menyebabkan harga barang naik dan nilai aset turun sehingga menabung saja tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan masa depan,” ujarnya.

Maka, kata dia, berinvestasi adalah cara meningkatkan nilai aset yang tepat. Meski demikian, generasi penerus perlu memilih jenis dan tempat investasi yang resmi dan aman.

”Risiko lainnya adalah kemungkinan serangan sakit hingga kematian sehingga kita memerlukan asuransi kesehatan dan asuransi jiwa terbaik. Dengan manfaat asuransi, maka kita dapat merdeka dari rasa khawatir akan besarnya biaya pengobatan atau kehilangan mata pencaharian yang berpotensi menggerus tabungan dan aset,” kata Yan.

Setelah memiliki pengetahuan finansial, langkah selanjutnya adalah melakukan perencanaan keuangan dan jalankan dengan disiplin seberapa pun pendapatan yang dimiliki.

”Manfaat melakukan perencanaan keuangan dengan disiplin adalah untuk menjaga arus kas, membantu kita melakukan prioritas pengeluaran, memaksimalkan aset, serta membantu merencanakan masa depan dengan lebih baik,” ujarnya.

Perencanaan keuangan, kata Yan lagi, harus dimulai sejak seseorang menerima pendapatan sehingga uang yang diterima akan cukup untuk memenuhi kebutuhan saat ini, bahkan berkesempatan untuk memenuhi kebutuhan masa depan.

Dengan begitum tak ada kekhawatiran dalam mewujudkan merdeka finansial dan adanya risiko masa depan.

“Perencanaan keuangan meliputi kegiatan mencatat pengeluaran, melakukan penghematan dengan mendahulukan kebutuhan penting dan menunda keinginan, serta menyisihkan sebagian pendapatan untuk dana darurat, tabungan, investasi, dan melindungi aset juga finansial melalui asuransi jiwa dan asuransi kesehatan yang bagus,” ujarnya.

Di sisi lain, kata dia, perencanaan keuangan dapat berbeda pada setiap orang karena kebutuhan, kondisi finansial, dan target masa depan pada setiap orang dan tahapan usianya juga berbeda.

”Misalnya, seorang first jobber merasa merdeka jika dapat memenuhi kebutuhannya tanpa harus bergantung lagi pada orangtua, sedangkan bagi pensiunan, mereka merasa merdeka finansial jika dapat mempertahankan hidup layak walau tidak lagi berpenghasilan,” katanya.

Lalu, persiapan apa saja yang diperlukan untuk menyiapkan rencana keuangan? Berikut Yan informasikan.

1. Persiapkan dana darurat atau emergency fund

Bagi first jobber, awali dengan mempersiapkan dana darurat atau emergency fund sebagai persiapan jika sewaktu-waktu kehilangan pekerjaan. Bagi seseorang yang masih single, persiapkan dana darurat sebanyak tiga sampai enam kali lipat dari pengeluaran rutin.

Jika sudah menikah dan memiliki anak, persiapkan dana darurat sebanyak enam hingga sembilan kali lipat dari pengeluaran bulanan. Dana ini sebaiknya ditempatkan pada instrumen yang mudah dicairkan contohnya tabungan.

2. Miliki asuransi jiwa dan asuransi kesehatan terbaik

Bagi yang masih berusia muda, prioritaskan untuk memiliki asuransi kesehatan yang bagus berhubung premi relatif murah dan lebih mudah diterima sebagai nasabah asuransi. Fungsi dari asuransi kesehatan ini adalah untuk memproteksi income, yaitu mencegah agar aset tidak tergerus akibat pengeluaran biaya medis seandainya terjadi risiko sakit.

Bagi yang memiliki cicilan, tanggungan, atau sebagai pencari nafkah utama keluarga (breadwinner) sebaiknya juga memiliki asuransi jiwa, misalnya dari Sequis agar keluarga memiliki ketersediaan dana untuk melanjutkan kehidupan bila terjadi risiko meninggal dunia.

3. Mempersiapkan dana pensiun

Jika Anda sudah bekerja dengan karier yang terus berkembang, penghasilan meningkat, dan situasi finansial semakin mapan, maka persiapkan dana pensiun.

Salah satu cara mempersiapkan dana pensiun adalah melalui asuransi dana pensiun yang memiliki manfaat pensiun sampai masa akhir polis dan tersedia manfaat uang pertanggungan (UP) jika terjadi risiko meninggal dunia.

Adapun salah satu layanan yang dapat mengakomodasi kebutuhan tersebut adalah Sequis lewat Asuransi Retirement Life Plan yang memiliki manfaat UP jika Tertanggung meninggal dunia.

Ada PULA manfaat pensiun 100 persen dari UP akan dibayarkan apabila tertanggung bertahan hidup pada usia akhir tahun polis berdasarkan plan yang diambil, dan manfaat lainnya yang dapat dibaca di sequis.co.id.

Sebagai informasi, literasi kesehatan ini merupakan dukungan terhadap program Bulan Inklusi Keuangan (BIK) 2023 yang digagas oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) demi tercapainya keuangan inklusif hingga 90 persen pada 2024.

Salah satunya adalah masyarakat dapat mengakses produk dan layanan asuransi jiwa dan kesehatan yang berkualitas serta terjangkau dengan dengan cara yang mudah dan dapat diakses secara luas.

https://money.kompas.com/read/2023/08/20/203215826/momen-kemerdekaan-sequis-ajak-generasi-penerus-untuk-merencanakan-keuangan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke