Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lewat Darwinbox, Pengelolaan SDM Bank BTPN Kini Berbasis Teknologi Digital

Kompas.com - 21/08/2023, 18:26 WIB
Kiki Safitri,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank BTPN Tbk (Bank BTPN), mengubah proses Human Capital Management (HCM) melalui kemitraan dengan Darwinbox, penyedia teknologi sumber daya manusia yang diakui secara global.

Head of Human Resources BTPN Mira Fitria mengatakan, melalui langkah strategis ini, Bank BTPN berkomitmen untuk memberikan dampak signifikan pada produktivitas dan kesejahteraan lebih dari 7.000 tenaga kerjanya.

Mira mengatakan, keputusan untuk mengubah sistem informasi sumber daya manusia menjadi berbasis cloud dengan mitra HCM diharapkan dapat mendorong transformasi digital untuk mengembangkan pengalaman kinerja yang positif bagi karyawan.

"Kami yakin, karyawan kami merupakan faktor utama kesuksesan sebagai lembaga keuangan. Dengan mengadopsi Darwinbox, kami berharap dapat menciptakan lingkungan kerja yang fokus pada pemberdayaan karyawan untuk berkembang mencapai potensi serta meraih kinerja terbaik," ujar Mira dalam siaran pers, Senin (21/8/2023).

Baca juga: BTPN Syariah Salurkan Pembiayaan Rp 12 Triliun Sepanjang Semester I-2023

Head of Information Technology Bank BTPN Jeny Mustopha mengungkapkan, inisiatif transformasi digital sangat penting dilakukan dalam lingkup SDM. Dia bilang, dalam lanskap bisnis yang dinamis saat ini, teknologi memiliki peran kunci dalam meningkatkan efisiensi operasional dan engagement karyawan.

“Dengan Darwinbox, kami memasuki era baru proses yang lebih efisien, data yang terkonsolidasi dan real-time, serta pengalaman yang dipersonalisasi yang sejalan dengan komitmen kami untuk mendorong pertumbuhan berkelanjutan untuk bank kami,” ujar Jeny.

Jeny mengatakan, kerja sama dengan Darwinbox akan memudahkan Bank BTPN untuk terus berinovasi dalam transformasi digital, terutama dalam integrasi proses HR. Dimulai dari integrasi karyawan baru, proses manajemen kinerja, hingga pendekatan pembelajaran berkelanjutan dan sistem survei yang mampu mengukur umpan balik karyawan.

Adapun cakupan dalam platform, dari akuisisi talenta, manajemen talenta, hingga pengembangan karyawan. Sebagai informasi, Darwinbox telah berhasil mengimplementasikan inovasi serupa untuk perusahaan-perusahaan besar di Indonesia dari berbagai sektor, termasuk Mitra Adiperkasa, Gunung Raja Paksi, hingga Kopi Kenangan.

Baca juga: Bank BTPN Kucurkan Kredit Sindikasi Rp 1,11 Triliun ke Anak Usaha Indomobil Multi Jasa


Co-founder Darwinbox Jayant Paleti mengungkapkan, kolaborasi ini diharapkan dapat berkontribusi pada keberhasilan dan ketangkasan tenaga kerja di Bank BTPN. Melalui teknologi yang ada di Darwinbox, ia optimis dapat memberdayakan karyawan di perusahaan.

Di sisi lain, teknologi Darwinbox juga diharapkan dapat membuka peluang bagi talenta terbaik, dan meningkatkan efisiensi melalui otomatisasi. Teknologi ini juga memungkinkan lembaga finansial seperti Bank BTPN untuk tetap mematuhi regulasi sambil berinovasi.

“Kami mendefinisikan kembali bagaimana proses HR berkontribusi pada keberhasilan dan ketangkasan tenaga kerjanya. Dengan teknologi dari Darwinbox diharapkan dapat membantu memberdayakan karyawan Bank BTPN dan meningkatkan kesuksesan mereka ke tingkat yang lebih tinggi,” ujar Jayant.

Darwinbox secara global adalah platform HCM yang didukung oleh Microsoft, Salesforce, dan Sequoia. Solusi dari teknologi ini melayani lebih dari 850 perusahaan dengan lebih dari 2,5 juta karyawan di lebih dari 116 negara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com