Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jadi Pertimbangan Rekrutmen Karyawan, Apa Saja yang Memengaruhi Skor Kredit?

Kompas.com - 22/08/2023, 14:05 WIB
Agustinus Rangga Respati,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pencari kerja saat ini perlu memerhatikan pinjaman yang diambil. Pasalnya, beberapa perusahaan mulai menggunakan skor kredit sebagai salah satu pertimbangan dalam rekrutmen karyawan baru.

Direktur Utama Pefindo Biro Kredit (IdScore) Yohanes Arts Abimanyu mengatakan, pencari kerja sebaiknya mulai memperhatikan memiliki pinjaman apa saja dan bagaimana pola pembayaran pinjaman selama ini.

"Sebelum melamar kerja, bisa melakukan pengecekan riwayat kredit dan skor kreditnya," kata dia kepada Kompas.com, Selasa (22/8/2023).

Baca juga: Bantu Fintech Tentukan Skor Kredit Konsumen, Brankas Gandeng Visa

Beberapa cara untuk mengecek skor kredit misalnya dengan mengakses laman MyIdScore di myidscore.id atau melalui Sistem Layanan Informasi Keuangan (SLIK) OJK yang dahulu dikenal sebagai BI Checking.

Yohanes menjelaskan, faktor yang dapat membuat skor kredit masuk dalam kategori berisiko antara lain karena terlambat membayar kredit, gagal bayar, atau fasilitas kredit yang dimiliki sangat banyak.

Untuk itu, ia berpesan agar masyarakat terutama pencari kerja agar berutang sesuai kemampuan yang dimiliki untuk membayar.

Baca juga: Kena BI Checking? Ini 3 Cara Mudah Memperbaiki Skor Kredit yang Terlanjur Buruk

Selain itu, utang perlu dibayar dengan tepat waktu dan tepat jumlah. Terakhir, ia berpesan agar utang dilakukan sesuai dengan kebutuhan.

"Hindari perilaku konsumtif," tandas dia.

Sebagai informasi, IdScore sendiri memiliki rentang skor kredit antar 250-900 dengan kategoti "very high risk" hingga "very low risk".

"Seseorang dengan kategori average di angka 600 dapat dikategorikan wajar," tandas dia.

Baca juga: Catat, Skor Kredit Mulai Jadi Pertimbangan Perusahaan Merekrut Karyawan

Sebelumnya, pembahasan soal skor kredit yang jadi ganjalan bagi pencari kerja dibicarakan oleh unggahan di akun X (dulunya Twitter) @worksfess pada Kamis (17/8/2023).

"Emang kalo BI checking kotor gabisa dapet kerja yaa:')? Bukan kotor karna nunggak bayar tapi karna ya punya paylater aja gituu:')," tulis pengunggah.

"Work! Halo kak tolong pencerahannya, nangis banget mikirin ini sampe bengep," kata dia.

Baca juga: Biar Skor Kredit Tidak Jelek, Lakukan Ini

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com