Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

RI, Malaysia, dan Thailand Kompak Berupaya Singkirkan Dollar AS

Kompas.com - 25/08/2023, 14:25 WIB
Muhammad Idris

Penulis

KOMPAS.com - Tiga otoritas bank sentral di Asia Tenggara meliputi Bank Indonesia, Bank Negara Malaysia, dan Bank of Thailand menyepakati untuk memperkuat kerja sama untuk mendorong penggunaan mata uang lokal masing-masing negara.

Kerja sama ini dikhususkan dalam transaksi bilateral antara Indonesia dan Thailand, Indonesia dan Malaysia, serta Thailand dan Malaysia yang sejatinya sudah diimplementasikan sejak 2018.

Mengutip keterangan resmi Bank Indonesia pada Jumat (25/8/2023), penguatan kerja sama tersebut dilakukan melalui perluasan penggunaan mata uang lokal pada transaksi lintas batas yang lebih luas dari cakupan perdagangan dan investasi langsung (direct investment) saat ini.

Kemudian kerja sama juga dilakukan melalui sinergi dengan inisiatif sistem pembayaran lintas negara untuk penyelesaian transaksi dalam mata uang lokal yang lebih mudah diakses dan efisien.

Baca juga: Mengapa Dinar Kuwait Jadi Mata Uang Paling Mahal di Dunia?

Sebagai informasi saja, kesepakatan itu tertuang dalam penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) antara Bank Indonesia, Bank Negara Malaysia, dan Bank of Thailand di sela-sela Pertemuan Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Sentral ASEAN (AFMGM) ke-10 di Jakarta baru-baru ini.

MoU itu diteken langsung oleh Gubernur BI Perry Warjiyo, Gubernur Bank Negara Malaysia Abdul Rasheed Ghaffour, dan Gubernur Bank Thailand Sethaput Suthiwartnarueput.

Fenomena dedolarisasi

Dedolarisasi atau fenomena pengurangan penggunaan mata uang dolar AS dalam transaksi keuangan dan perdagangan lintas negara memang tengah berlangsung di pasar global.

Banyak negara secara terang-terangan mengungkapkan tak akan lagi menggunakan mata uang Negeri Paman Sam tersebut secara bertahap dan akan beralih menggunakan mata uang lokal.

Baca juga: Mengenal Fiat Money, Saat Nilai Uang Sejatinya Hanya Selembar Kertas

Beberapa negara yang sudah mengampanyekan dedolarisasi antara lain Rusia, China, Brasil, dan sejumlah negara berkembang.

Fenomena dedolarisasi ini terjadi akibat tingginya inflasi serta ketidakpastian global. Salah satu musababnya adalah karena, dalam beberapa tahun terakhir, Amerika mengalami defisit neraca pembayaran.

Upaya meninggalkan dependensi terhadap mata uang AS memiliki keuntungan tersendiri bagi Indonesia seperti penghematan biaya perdagangan lintas negara hingga rupiah yang lebih stabil.

Kendati demikian, bukan berarti meninggalkan mata uang dollar bisa selalu menguntungkan, terlebih bagi negara yang mata uangnya tidak terlalu kuat di mata internasional.

Baca juga: Apa Perbedaan Dinar dan Dirham?

Bagi negara seperti China dan Rusia, dedolarisasi mungkin tidak akan menghadapi banyak hambatan karena kekuatan ekonominya. Namun tidak bagi negara-negara berkembang yang masih sangat bergantung pada Amerika Serikat dan sekutunya.

Kelemahan dalam upaya dedolarisasi ini adalah mata uang lokal yang masih sulit digunakan untuk membayar transaksi lintas negara, terutama untuk negara-negara yang belum melakukan kerja sama keuangan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com