Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Faktor Produksi: Pengertian, Jenis, dan Tujuannya

Kompas.com - 28/08/2023, 12:50 WIB
Nur Jamal Shaid

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Faktor produksi adalah istilah ekonomi yang menggambarkan input yang digunakan dalam produksi barang atau jasa. Faktor-faktor produksi penting untuk dijadikan pertimbangan perusahaan atau produsen dalam mengambil kebijakan.

Secara sederhana, faktor produksi adalah berbagai unsur atau input yang digunakan dalam proses produksi untuk menghasilkan barang dan jasa.

Dengan kata lain, faktor produksi adalah segala sumber daya yang diperlukan untuk memperlancar proses produksi. Faktor-faktor produksi ini pada umumnya memiliki pengaruh besar dalam menciptakan barang atau jasa, sehingga harus selalu tersedia.

Baca juga: LRT Jabodebek Resmi Beroperasi, Bakal Terintegrasi Dengan Transjakarta, KRL, MRT, dan Kereta Cepat

Dikutip dari situs web Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), faktor-faktor yang digunakan dalam proses produksi di antaranya sumber daya alam (SDA), sumber daya manusia (SDM), sumber daya modal, dan sumber daya pengusaha atau kewirausahaan. 

Selain itu, faktor produksi lain yang tidak kalah penting adalah sumber daya teknologi. 

Kombinasi faktor-faktor produksi ini berperan penting dalam menentukan apa yang dapat diproduksi, sejauh mana produksi tersebut dapat ditingkatkan, dan bagaimana sumber daya dapat dioptimalkan untuk mencapai tujuan ekonomi dan bisnis.

Baca juga: Bakal Terbit September, OJK Persiapkan Penyelenggara Bursa Karbon

Jenis-jenis faktor produksi

1. Sumber daya alam

Faktor produksi yang paling utama menurut pendekatan secara ekonomi adalah sumber daya alam. Hal ini karena ketersediaannya mempengaruhi jalannya produksi. Meski begitu, faktor produksi sumber daya manusia dan modal juga tidak kalah penting. 

Sumber daya alam merupakan potensi alam yang dapat dikembangkan dalam proses produksi untuk memenuhi kebutuan manusia. Beberapa contoh faktor produksi sumber daya alam di antaranya tanah, air, udara, tumbuhan, hewan, dan bahan tambang.

Pemanfaatan sumber daya alam sering kali tergantung pada lingkungan geografis dan kondisi ekonomi suatu negara.

Baca juga: Erick Thohir: LRT Jabodebek Solusi Kurangi Macet dan Polusi

Sumber daya alam yang tidak mendukung kebutuhan perusahaan atau produsen akan membuat biaya produksi naik dan hal tersebut mengakibatkan harga jual tinggi dan tidak kompetitif.

Faktor produksi adalah berbagai unsur atau input yang digunakan dalam proses produksi untuk menghasilkan barang dan jasa.Freepik Faktor produksi adalah berbagai unsur atau input yang digunakan dalam proses produksi untuk menghasilkan barang dan jasa.

2. Sumber daya manusia

Faktor produksi sumber daya manusia atau yang biasa disebut sebagai tenaga kerja juga sangat dibutuhkan untuk proses produksi. Tenaga kerja artinya pada pekerja manusia yang terlibat dalam produksi.

Tenaga kerja manusia adalah segala kegiatan manusia baik jasmani maupun rohani dalam proses produksi untuk menghasilkan barang dan jasa.

Baca juga: Peran AI dalam Penguatan Regulasi Perlindungan Konsumen

Berdasarkan kualitasnya, tenaga kerja dapat terbagi menjadi tiga kelompok, yaitu:

a. Tenaga kerja terdidik

Tenaga kerja yang memiliki pendidikan formal dan resmi dalam melakukan pekerjaannya. Contoh: dokter, perawat, apoteker, arsitek, dan dosen.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com