Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alfamart Ikut Investasi ke IKN, Ini 3 Hal yang Dikerjakan

Kompas.com - 06/09/2023, 20:00 WIB
Ade Miranti Karunia,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.comAlfamart akan merambah bisnis ritel di Ibu Kota Nusantara (IKN). Hal ini tertuang dalam penandatanganan kesepakatan kerja sama antara pemilik Alfamart, PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk AMRT), dengan PT Bina Karya (Persero) sebagai Badan Usaha Otorita IKN, di Jakarta, Selasa (5/9/2023).

Corporate Affairs Director Alfamart, Solihin mengatakan sebagai perusahaan ritel, Alfamart merasa bangga bisa ikut membangun ekosistem sosial di IKN.

“Kami bangga bisa berkontribusi di IKN. Ritel adalah salah satu sektor penting, karena bertugas sebagai tempat pemenuhan kebutuhan pokok atau sehari-hari untuk masyarakat. Sehingga kehadiran ritel tentu menjadi pondasi dasar untuk kehidupan sosial di sana,” ujarnya dalam keterangan tertulis.

Baca juga: 3 Konglomerat RI Gabung Konsorsium Investor IKN, Proyek Dikebut Maraton biar Rampung 2024

Ia menambahkan bahwa investasi yang Alfamart lakukan di IKN bukan soal bisnis semata, melainkan juga berorientasi kepada pemberdayaan potensi usaha kecil dan sumber daya manusia lokal.

Di dalam kesepakatan kerja sama itu tertuang setidaknya tiga bentuk investasi dan kemitraan usaha ritel di Ibu Kota Nusantara.

Pertama, yakni pembangunan, pengoperasian dan komersialisasi gudang pusat distribusi barang ke gerai-gerai.

Kedua, yaitu kemitraan usaha ritel dengan prinsip keterlibatan dengan masyarakat sekitar IKN dengan menggunakan brand lokal yang disebut Kerja sama Operasi Ekonomi Berbagi (KASOEBI).

Ketiga, pemberdayaan UMKM lokal melalui penyediaan produk-produk di gerai dan kesempatan usaha mandiri melalui program tenant.

Baca juga: Alfamart Bakal Buka 250-300 Gerai di Filipina Tahun Ini

 


Sementara itu, Direktur Utama PT Bina Karya (Persero) Boyke P. Soebroto menyampaikan terima kasih atas kesediaan Alfamart turut membantu dalam membangun ekosistem sosial di IKN.

"Kami bisa melihat lokasi-lokasi karena PT Bina Karya (Persero) mempunyai segala data mengenai lahan-lahan mana yang bisa kita manfaatkan sebagai distribution center, toko minimart dan seterusnya," tutur Boyke.

Setelah penandatanganan ini, lanjut Boyke, berharap terbentuk tim kecil yang membicarakan secara konkrit pembangunan Alfamart.

"Sehingga nanti apakah minggu depan, bulan depan, atau pada saatnya itu sudah established. Kami juga terbuka dalam bentuk kerja sama apapun dan UMKM menjadi salah satu target kami untuk mendevelop menjadi salah satu partner bisnis kami,” ucapnya.

Baca juga: Bos Alfamart dan Alfamidi Pastikan Konsumen Gratis Biaya Parkir, tapi…

Halaman:


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com