Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mendag: Kerja Sama Perdagangan RI-China Meningkat Setelah RCEP

Kompas.com - 06/09/2023, 18:00 WIB
Akhdi Martin Pratama

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (Zulhas) mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN-China yang digelar di Jakarta Convention Center (JCC).

Zulhas mengatakan, sejumlah hal disepakati dalam pertemuan tersebut, yakni pertama penegasan komitmen ASEAN-China untuk berkontribusi mewujudkan perdamaian dan stabilitas kawasan.

“Kedua, membangun ketahanan ekonomi, hingga tak kalah penting penguatan kerja sama antar masyarakat,” ujar Mendag Zulhas dalam keterangan tertulisnya, Rabu (6/9/2023).

Dia menjelaskan, terkait ekonomi dan perdagangan, nilai kerja sama Indonesia dan China setelah adanya Regional Comprehensive Economic Partnership (RCEP) meningkat pesat.

Baca juga: Wamen BUMN: 70 Persen Penduduk ASEAN Tak Punya Rekening Bank, Digitalisasi Jadi Solusi

“Kita sendiri perdagangan pesat, apalagi setelah RCEP. (Dengan) meningkat pesat 130 miliar dollar AS lebih. Itu (China dengan) Indonesia saja. Kemudian investasi juga meningkat tinggi,” kata dia.

Kemudian dalam pertemua KTT ASEAN-China tersebut juga disepakati terkait green economy.

“Kemudian juga tadi KTT ASEAN-RRT juga menekankan agar membangun kawasan yang lebih hijau, green economy, salah satunya dengan mengutamakan pengembangan ekosistem kendaraan listrik sebagai salah satu kerja sama yang potensial,” ucap Zulhas.

Baca juga: Terus Tumbuh, Volume Dagang China-ASEAN Tembus Rp 14.792 Triliun

Adapun beberapa kesepakatan yang dihasilkan dalam KTT ASEAN-China, yaitu pernyataan bersama mendukung ASEAN Outlook on the Indo-Pacific untuk perdalam kerja sama pertanian, penguatan kerja sama di bidang e-commerce, dan rencana aksi pertanian hijau.

“Tadi dokumen yang disahkan bersama ASEAN Outlook on the Indo-Pacific, untuk memperdalam kerja sama pertanian. Juga berikutnya (soal) e-commerce,” jungkapnya.

Sebagai informasi, selain Mendag Zulhas, dalam pertemuan tersebut Jokowi juga didampingi Sekeratis Kabinet Pramono Anung, Menko PMK Muhadjir Effendy, Menko Polhukam Mahfud MD, Menko Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, dan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi.

Baca juga: RI Tawarkan Proyek Smelter hingga Jalan Tol di ASEAN Indo-Pasific Forum

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com