Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Anti Gugup, Ini 5 Cara Latihan Sebelum Wawancara Kerja

Kompas.com - 11/09/2023, 06:20 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Gugup saat wawancara kerja adalah hal yang wajar terjadi. Namun, ini bisa dihindari bila Anda meluangkan waktu untuk latihan sebelum wawancara kerja.

Dengan demikian, Anda akan merasa nyaman selama wawancara kerja, meningkatkan keterampilan wawancara kerja, dan meningkatkan peluang Anda mendapatkan tawaran pekerjaan.

Dikutip dari The Balance, Senin (11/9/2023), latihan adalah salah satu cara terbaik untuk mempersiapkan wawancara kerja. Anda dapat berlatih dengan meminta bantuan anggota keluarga atau teman atau berlatih sendiri.

Baca juga: 7 Kesalahan yang Harus Dihindari Saat Wawancara Kerja Via Zoom

Ilustrasi wawancara kerja via zoom, latihan wawancara kerja.SHUTTERSTOCK/GROUND PICTURE Ilustrasi wawancara kerja via zoom, latihan wawancara kerja.

Latihan wawancara kerja dengan anggota keluarga atau teman adalah salah satu cara untuk mempelajari dan melatih keterampilan wawancara, serta menggunakan alat persiapan wawancara kerja via zoom atau platform lainnya.

Jika Anda baru di tempat kerja atau sudah lama tidak melakukan wawancara kerja, cobalah mempelajari format wawancara untuk menghindari kejutan.

Jika Anda memahami cara wawancara kerja, Anda bisa mengetahui apa yang diharapkan.

Cara paling sederhana untuk mempersiapkan wawancara kerja adalah dengan membuat daftar pertanyaan wawancara kerja yang umum diajukan dan menjawab setiap pertanyaan dengan lantang.

Baca juga: 5 Pertanyaan Menjebak Saat Wawancara Kerja dan Cara Menjawabnya

Semakin sering Anda berlatih, semakin siap Anda merespons selama wawancara kerja yang sebenarnya. Penting untuk berlatih dengan suara keras agar Anda terbiasa mengungkapkan jawaban secara verbal dan menjadi lebih nyaman berbicara.

Berikut beberapa cara latihan wawancara kerja agar Anda tidak merasa gugup saat wawancara yang sesungguhnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com