Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BCA: Banyak Kasus Uang di Rekening Nasabah Raib Ternyata Ulah Pasangan

Kompas.com - 11/09/2023, 07:22 WIB
Kiki Safitri,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Umum Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (ASPI) sekaligus Direktur PT Bank Central Asia Tbk Santoso mengatakan, pihaknya terus melakukan edukasi terhadap nasabah agar memaksimalkan perlindungan tabungan di bank.

Menurut Santoso, ada banyak kasus uang nasabah hilang begitu saja, dan setelah dicek, pelakunya adalah orang terdekatnya. Bahkan dalam beberapa kejadian, pelakunya adalah pasangan sendiri.

Maka dari itu, penting untuk memastikan password, user id, dan PIN tidak diberikan kepada pasangan.

Baca juga: Garap Pembiayaan Konsumer, Bank Muamalat Gabungkan KPR dan Tabungan Haji

Ilustrasi tabungan, menabung.SHUTTERSTOCK/FARKNOT ARCHITECT Ilustrasi tabungan, menabung.

“Banyak kasus-kasusnya, kita enggak tahu seberapa terbuka, karena pasti namanya user id, password bersifat personal. Kalau nanti giliran terjadi kasus, banyak sekali ada kasus-kasus di ATM tiba-tiba dia merasa ‘kok banyak uang saya yang berkurang’. Kita cek transaksi di satu ATM dan kebetulan ada kamera, setelah dilihat masih banyak, pasangannya,” kata Santoso di ICE BSD, Jumat (8/9/2023).

Tak hanya perkara uang tabungan, Santoso mengungkapkan kasus-kasus lainnya, termasuk seperti pembelian produk di e-commerce.

Meskipun dilakukan verifikasi, ternyata dengan terlalu terbukanya hal-hal personal kepada pasangan, akhirnya dimanfaatkan.

“Transaksi di e-commerce juga seperti itu, setelah kita cek e-commerce kontak verifikasi adalah kode one time password (OTP), katakanlah suami, selalu dikirim ke HP suami dong, ternyata bisa masuk ke e-commerce. Berarti ada orang terdekat di sana. Orang terdekat kalau enggak istri ya anak. Banyak kasus yang terjadi,” jelasnya.

Baca juga: 2 Tabungan Anak BCA Bebas Biaya Admin

Santoso mengatakan, dalam sehari BCA melakukan hampir 100 juta transaksi digital.

Dengan nilai transaksi digital yang tinggi, Santoso memperkirakan ada ribuan transaksi yang mungkin berpotensi dilakukan oleh orang terdekat tanpa sepengetahuan pemilik rekening tabungan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com