Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Progres Pembangunan MRT Jakarta Fase 2A sampai Harmoni Sudah 65 Persen

Kompas.com - 12/09/2023, 14:45 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT MRT Jakarta (Perseroda) mencatat progres pembangunan proyek fase 2A Bundaran HI-Kota sudah mencapai 65 persen sampai Harmoni.

Adapun proyek MRT Jakarta fase 2A ini terbagi menjadi dua segmen, yaitu segmen 1 Bundaran HI-Harmoni dan segmen 2 Harmoni-Kota yang masing-masing ditargetkan rampung pada Juni 2027 dan April 2029.

"Untuk mandat pertama ini kami meneruskan pembangunan ke arah utara dari Bundaran Hotel Indonesia ini menuju Kota, sampai dengan harmoni lebih dari 65 persen kita sudah targetnya dan terowongan sudah tersambung menuju Harmoni," ujar Direktur Utama MRT Jakarta Tuhiyat di Stasiun MRT Bundaran HI, Jakarta, Selasa (12/9/2023).

Baca juga: Jadwal Operasional MRT Jakarta Selama KTT ASEAN

Sementara dari sisi pembangunan terowongan, dia menyebut progresnya sudah 27-28 persen untuk terowongan dari Harmoni ke arah Kota.

Sebagai informasi, terowongan dari Stasiun Bundaran HI-Harmoni akan sejajar seperti di fase 1, begitu juga terowongan dari Stasiun Glodok-Kota.

Sedangkan terowongan yang menghubungkan antara Stasiun Harmoni-Glodok akan bertingkat (stacked tunnel) sehingga desain stasiun Sawah Besar dan Mangga Besar akan ada empat lantai di bawah tanah.

"Terowongan sudah tersambung menuju Harmoni. Kemudian dari arah dari Kota juga demikian, nanti ketemu di tengah," kata dia.

Baca juga: Catat, Jadwal Operasional MRT Jakarta Selama KTT ASEAN

 


Adapun pembangunan MRT Jakarta Fase 2 terdiri dari dua tahap, yaitu fase 2A dan fase 2B.

Fase 2A terdiri dari 7 stasiun bawah tanah yakni Thamrin, Monas, Harmoni, Sawah Besar, Mangga Besar, Glodok, dan Kota dengan total panjang jalur sekitar 5,8 kilometer.

Sementara Fase 2B terdiri dari dua stasiun bawah tanah, yaitu Mangga Dua dan Ancol, dan satu depo di Ancol Barat dengan total panjang jalur sekitar 6 kilometer.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com