Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS

Mendag Zulhas Tegaskan Harga dan Pasokan Bapok di Sumba Barat Aman

Kompas.com - 20/09/2023, 17:14 WIB
Inang Sh ,
A P Sari

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan menegaskan, harga serta pasokan barang kebutuhan pokok (bapok) di Kabupaten Sumba Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT) terpantau stabil dan aman.

Menteri yang akrab disapa Zulhas itu pun mengapresiasi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumba Barat yang bekerja keras dalam menjaga stabilitas harga bapok.

“Saya lihat di pasar harga bapok stabil dan pasokan terkendali. Saya ucapkan terima kasih kepada Pemkab Sumba Barat, Satuan Tugas Tentara Nasional Indonesia (TNI), dan kepolisian atas kerja samanya sehingga semua kebutuhan pokok terjamin stoknya dengan harga terjangkau,” katanya dalam siaran pers, Rabu (20/9/2023).

Dia mengatakan itu usai meninjau Pasar Weekarou di Kabupaten Sumba Barat, NTT yang turut dihadiri Bupati Sumba Barat Yohanis Dade, Selasa (19/9/2023). 

Berdasarkan pantauan, harga beras medium tercatat Rp 13.000 per kilogram (kg), beras premium Rp 15.000 per kg, gula pasir Rp 15.000 kg, MINYAKITA Rp 18.000 per liter, minyak goreng kemasan Rp 25.000 per liter, tepung terigu Rp 14.000 per kg, daging ayam ras Rp 55.000 per kg, serta telur ayam ras Rp 33.600 per kg. 

Baca juga: Musnahkan Alkohol dan Barang Ilegal Senilai Rp 7 Miliar, Mendag Zulhas: Merugikan Negara

Sementara itu, harga cabai merah keriting tercatat Rp 50.000 per kg, cabai merah besar Rp 50.000 per kg, cabai rawit merah Rp 35.000 per kg, bawang merah Rp 30.000 per kg, dan bawang putih Rp 40.000 per kg. 

Dalam lawatan itu, Zulhas juga menghadiri acara Gerakan Pangan Murah (GPM) di NTT yang dilaksanakan di Lapangan Galatama, Sumba Barat Daya dan Pasar Weekarou, Sumba Barat. 

Dia turut memimpin operasi pasar beras medium program Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP) sebanyak 4 ton dalam kemasan 5 kg dengan harga Rp 10.600 per kg dari harga eceran tertinggi (HET) R p11.500 per kg. 

Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) itu menyebutkan, pemerintah pusat dan daerah bersama-sama menjaga barang kebutuhan pokok tetap tersedia di masyarakat dengan harga terjangkau. 

Baca juga: Operasi Pasar, Mendag Yakin Harga Beras Bakal Turun

“Ayo kita bersama-sama menjaga harga bapok tetap stabil dan pasokannya tersedia. Jangan sampai rakyat kesulitan mendapatkan,” ungkap Zulhas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com