Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peritel Batasi Pembelian Beras SPHP Maksimal 2 Karung

Kompas.com - 21/09/2023, 09:40 WIB
Elsa Catriana,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) membatasi pembelian beras Bulog dengan merk SPHP di ritel modern.

Ketua Umum Aprindo Roy Nicholas Mandey mengatakan, konsumen hanya diperbolehkan membeli paling banyak 2 karung beras SPHP ukuran 5 kilogram agar bisa sampai kepada seluruh konsumen dan tidak terjadi kelangkaan.

"(Konsumen hanya boleh beli) 2 karung per konsumen. Kami batasi karena untuk pemerataan. Karena kalau enggak nanti bakal kayak minyak goreng lagi. Barang datangnya malam, pagi sudah habis," kata Roy kepada media saat ditemui di Kebayoran Lama Jakarta, Rabu (20/9/2023).

Menurut Roy pembelian satu karung beras SPHP ukuran 5 kilogram beras bisa mencukupi kebutuhan satu keluarga dalam satu pekan. Sehingga masing-masing konsumen cukup hanya 2 karung saja.

Baca juga: Gelontorkan Beras SPHP di Pasar hingga Ritel, Pemerintah Optimistis Bisa Tekan Harga

Roy juga mengatakan, pihaknya dalam waktu dekat akan segera menggelar rapat untuk melihat distribusi beras SPHP Bulog di ritel modern tetap merata di seluruh wilayah Indonesia.

"Ke daerah mana saja, kita baru mau rapat sama anggota Jumat (22/9/2023) pagi (mendatang). Kita review saja bahwa arahan supaya pemerataan itu terjadi. Karena kan beras SPHP ini belum masuk semuanya (penugasan impor 2 juta ton beras). Kan 400.000 (beras impor) nya masih on the way (dalam perjalan)," ujarnya.

Adapun sebelumnya, beras operasi pasar yang bernama Stabilisasi Pasokan dan Harga Pasar (SPHP) kemasan 5 kilogram sudah tersedia di ritel-ritel modern mulai dari Lotte Mart, Superindo hingga Alfamart di seluruh Tanah Air.

Baca juga: Beras SPHP Sudah Ada di Pasar Induk Cipinang, Harganya Rp 10.385 Per Kg

Hal itu lantaran pemerintah melalui Badan Pangan Nasional (Bapanas) dan Perum Bulog sudah mendistribusikan beras tersebut agar bisa dimanfaatkan masyarakat memenuhi kebutuhan berasnya.

"Hari ini kita tambah lagi outletnya kalau boleh sebut brand hari ini Lotte sebelumnya Ramayana, sebelumnya Indomaret, Alfamart, Hypermart Superindo. Artinya ini (beras SPHP) sudah masuk," ujar Kepala Bapanas Arief Prasetyo Adi saat mengunjungi Lotte Mart di Jakarta Timur, Jumat (8/9/2023).

Baca juga: Bapanas Bantah Penerapan HET Tak Efektif Turunkan Harga Beras di Pasaran

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com