Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lazada Logistics-Aizen Kerja Sama Pembiayaan Kendaraan Listrik di RI

Kompas.com - 21/09/2023, 20:12 WIB
Aprillia Ika

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Startup layanan finansial asal Korea Selatan Aizen, bekerja sama dengan Lazada Logistics, unit bisnis logistik dari Lazada Indonesia, untuk mendukung pasar kendaraan listrik (EV) di Indonesia.

Kedua perusahaan menghadirkan kerja sama EV-CreditConnect, yang berupa layanan finansial berbasis AI, untuk pembiayaan industri EV dengan menjembatani kesenjangan antara lembaga keuangan dan mobilitas operator serta memperluas penyediaan kendaraan yang efisien dan ramah lingkungan bagi mitra kurir Lazada Logistics.

Kerja sama ini didasari bertumbuhnya kendaraan listrik di Indonesia. Mengutip Electric Mobility Ecosystem Association (AEML) dan AC Ventures, pasar kendaraan listrik Indonesia siap untuk tumbuh secara eksponensial, mencapai 20 miliar dollar AS pada tahun 2030.

Baca juga: 2030, Pemerintah Targetkan 80 Persen Komponen Kendaraan Listrik dari Dalam Negeri

"Dengan memperkenalkan layanan keuangan berbasis AI yang mempercepat pengambilan keputusan kredit di pasar EV di Indonesia, Aizen juga telah berkontribusi pada Greener Finance," kata Damien Ngai, Country Manager Aizen Indonesia, melalui keterangan pers, Kamis (21/9/2023).

"Kami berkomitmen untuk memperluas ekosistem EV Indonesia dan memajukan model inovasi keuangan. Dengan memasok layanan keuangan penting ke basis pelanggan yang luas dan berpotensi beralih ke mobil dan sepeda listrik, kami bertujuan untuk memfasilitasi kelancaran akses dana yang dibutuhkan sekaligus berkontribusi pada lingkungan yang lebih hijau,” lanjutnya.

Baca juga: Soal Adopsi Kendaraan Listrik, Luhut: Masa Kita Kalah, Kita Punya Barangnya Semua...

Chief Logistics Officer Lazada Indonesia Philippe Auberger menyampaikan, kolaborasi dengan Aizen untuk mendukung upaya perusahaan mewujudkan operasional logistik yang lebih ‘hijau’.

"Kerja sama ini akan memberikan akses yang lebih mudah bagi para mitra kurir kami untuk kepemilikan kendaraan listrik, yang menjadikan armada kendaraan berbasis listrik dan lebih ramah lingkungan #BlueVehicle di Lazada Logistics pun semakin besar," katanya.

"Kami memang berkomitmen untuk terus mengembangkan solusi logistik yang berkualitas serta lebih ramah lingkungan dan berkelanjutan untuk bisnis di Indonesia," lanjutnya.

Sebagai informasi, saat ini, mitra kurir Lazada Logistics yang sudah menggunakan motor EV mencakup area Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi. Untuk pengadaan #BlueVehicle, Lazada Logistics berkolaborasi dengan Smoot Elektrik buatan Indonesia yang merupakan motor listrik pintar dan dapat terkoneksi dengan smartphone.

Baca juga: YLKI Minta Pemerintah Genjot Edukasi soal Kendaraan Listrik

Tantangan kendaraan listrik di Indonesia

Aizen menilai, saat ini ada banyak tantangan perkembangan kendaraan listrik di Indonesia.

Selain tantangan infrastruktur dan pendidikan, industri kendaraan listrik juga menghadapi hambatan dalam hal pembiayaan kendaraan listrik.

Uang muka dan nilai suku bunga untuk kendaraan listrik umumnya lebih tinggi dengan tenor pinjaman yang lebih pendek dibandingkan pembiayaan untuk kendaraan tradisional.

Berbagai faktor juga menjadi pertimbangan pembelian kendaraan listrik seperti hadirnya merk baru kendaraan listrik serta jenis kendaraan listrik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com