Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS

Berusia 85 Tahun, Sinar Mas Fokus Dukung UMKM dan Transisi Energi Ramah Lingkungan

Kompas.com - 03/10/2023, 20:19 WIB
F Azzahra,
A P Sari

Tim Redaksi

KOMPAS.com- PT Sinar Mas merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-85 melalui #MajuBersama sebagai landasan bagi perusahaan untuk terus bertumbuh bersama masyarakat.

Board Member Sinar Mas Franky Widjaja mengatakan, Sinar Mas memiliki Nilai Luhur Sinar Mas yang merupakan landasan filosofis pendirinya, Eka Tjipta Mas. Lewat nilai ini, Sinar Mas berkomitmen menjaga integritas, sikap positif, komitmen, penyempurnaan berkelanjutan, inovasi, dan loyalitas.

"Nilai luhur adalah navigator kami untuk terus berkembang," kata Franky dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Selasa (3/10/2023).

#MajuBersama merupakan upaya Sinar Mas dalam meningkatkan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) melalui pendampingan skema inclusive closed loop.

Baca juga: APP Sinar Mas Tetap Dorong Budaya Menulis Tangan di Era Digital, Ini Alasannya

Adapun, konservasi energi yang dijalankan melalui pengembangan energi baru dan terbarukan berbasis minyak kelapa sawit sebagai solusi energi hijau.

Oleh karena itu, pada Agustus 2023 Sinar Mas menggelar webinar bertajuk "Bincang UMKM: Maju Bersama Wiki Wirausaha" untuk memberi wawasan terkait potensi kewirausahaan dalam meningkatkan entitas bisnis berdaya saing kepada sejumlah pelaku UMKM.

Dalam meningkatkan potensi kewirausahaan UMKM, Sinar Mas memberikan kontribusi nyata melalui 7.200 polis asuransi mikro Simas Perlindungan yang diserahkan UMKM dan nelayan di Banyuwangi, Jawa Timur.

Selain itu, perayaan HUT ke-85 Sinar Mas juga diwujudkan melalui Sinar Mas Digital Day 2023 yang digelar di ICE BSD City. Acara ini menampilkan sejumlah inovasi dan teknologi bisnis kolaboratif terbaru dari berbagai sektor.

Baca juga: Dorong UMKM Naik Kelas, Sinar Mas Kembangkan Ekosistem Digital

Sinar Mas memamerkan inovasi BSD City sebagai integrated smart city melalui teknologi humanis yang dapat mempermudah dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

Sementara itu, dalam acara Forum Dialog: Tren, Inovasi, dan Peluang Energi Terbarukan, pemerintah menyampaikan komitmenya dalam mengawal transisi energi. Sinar Mas terlibat dalam pengembangan bahan bakar nabati berbasis minyak kelapa sawit untuk menghasilkan biofuel berkelanjutan.

Board Member Sinar Mas Franky Widjaja dan Muktar Widjaja berfoto bersama para juara Tjipta UMKM Award binaan Pilar Bisnis Sinar Mas pada perayaan HUT ke-85 Sinar Mas, Jakarta (3/9/2023).DOK. Sinar Mas Board Member Sinar Mas Franky Widjaja dan Muktar Widjaja berfoto bersama para juara Tjipta UMKM Award binaan Pilar Bisnis Sinar Mas pada perayaan HUT ke-85 Sinar Mas, Jakarta (3/9/2023).

Sebagai informasi, pengembangan potensi biofuel berkelanjutan dapat menghasilkan bahan bakar pesawat yang ramah lingkungan (sustainable aviation fuel).

Lebih lanjut, pada Agustus 2023, Sinar Mas berkolaborasi dengan Trina Solar mengembangkan potensi energi surya melalui pembangunan pabrik manufaktur sel surya dan modul surya terintegrasi pertama di Indonesia, yakni di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Kendal, Jawa Tengah.

Baca juga: Lewat SiDu, APP Sinar Mas Gelar Program Ayo Menulis untuk Tingkatkan Literasi

Langkah tersebut merupakan implementasi dari #MajuBersama untuk mewujudkan transisi energi yang ramah lingkungan.

Puncak perayaan HUT ke-85 Sinar Mas digelar di Sinar Mas Land Plaza, Selasa (3/10/2023) lewat berbagai acara seremonial dan penampilan sejumlah band.

Dalam momen itu, digelar Tjipta UMKM Fair ke-5 yang menampilkan beragam produk UMKM binaan Sinar Mas.

Dengan demikian, semangat #MajuBersama Sinar Mas diharapkan dapat memberi dampak positif bagi seluruh masyarakat Indonesia.

Baca juga: Sinar Mas Dukung Pengembangan Bahan Bakar Pesawat dari Minyak Kelapa Sawit

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com