Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Panduan Cara Bayar Shopee PayLater di Alfamart

Kompas.com - 04/10/2023, 22:06 WIB
Muhammad Idris

Penulis

KOMPAS.com - Cara bayar Shopee PayLater lewat Alfamart adalah salah satu opsi pembayaran paling mudah. Prosedurnya mudah karena Anda hanya perlu mendatangi ke gerai terdekat.

Terlebih bagi Anda yang belum terbiasa dengan transfer mobile banking, cara bayar Shopee PayLater lewat Alfamart adalah alternatif yang patut dicoba.

Mengutip situs resmi Shopee Indonesia, cara membayar Shopee PayLater melalui jaringan minimarket, baik itu Alfamat maupun Indomaret, hanya dapat dilakukan jika pembayaran pesanan produk di atas nominal Rp 20.000 dan tak melebihi Rp 5.000.000.

Selain itu, bayar tagihan di Shopee pada kasir Alfamart maupun Indomaret akan dikenakan biaya tambahan sebesar Rp 2.500 sebagai biaya admin. Pembayaran juga bisa dilakukan gerai Alfamart mana saja.

Baca juga: Pahami Sistem Penagihan dan Denda Telat Bayar Shopee Paylater

Cara bayar Shopee PayLater lewat Alfamart

Nah berikut tahapan cara membayar Shopee PayLater di Alfamart yang bisa Anda coba:

  • Kunjungi Alfamart terdekat
  • Buka aplikasi Shopee
  • Pilih menu "Saya" pada bagian pojok kanan bawah
  • Pilih "SPayLater", lalu akan muncul jumlah tagihan yang harus dibayar
  • Klik "Bayar Sekarang"
  • Pilih "Metode Pembayaran"
  • Pilih Indomaret atau Alfamart, lalu klik "Konfirmasi"
  • Klik "Bayar Sekarang"
  • Salin atau catat "Kode Pembayaran" yang muncul atau bisa juga dengan melakukan tangkapan layar (screenshot) pada ponsel Anda
  • Tunjukkan kode tersebut kepada kasir atau gunakan mesin pembayaran yang tersedia
  • Lakukan pembayaran sesuai tagihan.

Cara yang sama juga bisa Anda lakukan apabila pembayaran Shopee PayLater dilakukan melalui geral Indomaret. Karena tahapannya sama, yakni Anda hanya perlu menunjukan kode pembayaran yang didapatkan dari aplikasi Shopee.

Baca juga: Cek Denda Telat Bayar Shopee PayLater dan Sistem Penagihannya

Tentang Shopee PayLater

Shopee PayLater alias SpayLater merupakan produk pinjaman atau cicilan pembelian yang tersedia pada aplikasi Shopee Indonesia di ponsel.

Sejatinya Shopee PayLater adalah pinjaman online, dengan skema pembelian produk di marketplace Shopee dengan cara menyicil alias secara kredit, yang mana pembayaran bisa dicicil di kemudian hari dan pembeli tentunya bakal dikenakan bunga.

Baca juga: Besaran Bunga Shopee Paylater, Denda, dan Cara Menghitungnya

Layanan Shopee Paylater berada di bawah PT Commerce Finance, perusahaan jasa keuangan yang milik Shopee Indonesia. Fintech ini juga terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Dengan menggunakan Shopee Paylater, maka pembeli di Shopee bisa membeli barang meski tidak memiliki uang yang mencukupi lantaran dengan membeli melalui metode Shopee payleter, artinya transaksi pembelian dilakukan dengan kredit alias mencicil.

Jumlah pinjaman pokok beserta bunga Shopee Paylater kemudian akan terakumulasi, di mana nantinya harus dikembalikan atau dibayar penggunanya sesuai dengan tenggat cicilan yang dipilih.

Cicilan yang ditawarkan Shopee PayLater bervariasi mulai dari 1 kali bayar, 3 kali bayar, 6 kali bayar, hingga 12 kali bayar.

Itulah informasi tentang cara bayar Shopee PayLater lewat Alfamart. Semoga informasi ini bisa membantu Anda dalam bertransaksi dengan mudah dari mana saja dan kapan saja.

Cara bayar Shopee PayLater lewat Alfamart jadi alternatif bagi Anda yang masih awal dengan mobile banking atau malas pergi ke ATM.Muhammad Idris/Money.kompas.com Cara bayar Shopee PayLater lewat Alfamart jadi alternatif bagi Anda yang masih awal dengan mobile banking atau malas pergi ke ATM.

Baca juga: Mudah, Ini Syarat dan Cara Mengaktifkan Shopee Paylater

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com