Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bakal Diresmikan Hari Ini, Bandara Mentawai Bisa Dilandasi Pesawat ATR dan "Private Jet"

Kompas.com - 25/10/2023, 08:13 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bandara Mentawai di Sumatera Barat akan diresmikan hari ini, Rabu (25/10/2023), oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Sehari sebelumnya, Selasa (24/10/2023), Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memastikan kesiapan Bandara Mentawai untuk dioperasikan.

"Hari ini (Selasa) saya memastikan Bandara Mentawai ini bisa difungsikan. Insya Allah Bapak Presiden bersedia untuk melakukan peresmian besok (Rabu)," ujarnya dalam keterangan resmi.

Baca juga: Menhub: Bandara Mentawai Beroperasi Tahun Ini

Bandara Rokot Mentawai menjadi bandara baru di Pulau Mentawai, Sumatera Barat menggantikan bandara lama yaitu Bandara Rokot Sipora yang sudah tidak memungkinkan dikembangkan lagi.Dok. Kementerian Perhubungan Bandara Rokot Mentawai menjadi bandara baru di Pulau Mentawai, Sumatera Barat menggantikan bandara lama yaitu Bandara Rokot Sipora yang sudah tidak memungkinkan dikembangkan lagi.

Dengan panjang runway 1.500 x 30 meter, Bandara Mentawai dapat dilandasi pesawat yang berukuran lebih besar, yaitu ATR 72-600 berkapasitas maksimal 78 penumpang.

Sebelumnya, Bandara Mentawai hanya bisa dilandasi pesawat Cessna Grand Caravan berkapasitas 12 orang dengan panjang runway 850 x 23 meter.

Dengan kapasitas pesawat yang meningkat dari 12 orang menjadi 78 orang per sekali penerbangan, Menhub berharap kehadiran Bandara Mentawai baru dapat meningkatkan jumlah pengunjung, khususnya wisatawan untuk datang ke Mentawai.

Oleh karenanya, Menhub meyakini potensi daerah dan wisata Kepulauan Mentawai akan lebih terangkat dengan beroperasinya Bandara Mentawai.

Baca juga: Pembangunan Bandara Mentawai Baru Ditargetkan Rampung Agustus 2022

"Mentawai adalah salah satu daerah terluar yang sebelumnya bandaranya kurang mumpuni. Dengan adanya bandara baru ini, memungkinkan pesawat ATR dan private jet bisa ke sini," ucapnya.

Penjabat (Pj) Bupati Kepulauan Mentawai Fernando Jongguran Simanjuntak optimistis bandara ini akan mempermudah akses masuk ke Mentawai sehingga jumlah kunjungannya akan meningkat dan mendorong peningkatan ekonomi daerah.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com