Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS

Manfaat Aplikasi Bisnis Terintegrasi untuk Perusahaan

Kompas.com - 27/10/2023, 21:36 WIB
Yakob Arfin Tyas Sasongko,
Sri Noviyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Penggunaan aplikasi bisnis memiliki sejumlah manfaat yang signifikan bagi perusahaan. Sedikitnya, ada lima alasan perusahaan memerlukan aplikasi bisnis.

Pertama, efisiensi operasional. Aplikasi bisnis diklaim dapat membantu mengotomatisasi proses bisnis yang dapat meningkatkan efisiensi operasional perusahaan.

Adapun proses yang dulunya memakan waktu lama serta rentan terjadi kesalahan, kini dapat dilakukan lebih cepat dan akurat dengan bantuan aplikasi.

Kedua, meningkatkan produktivitas karyawan. Aplikasi bisnis dapat menjadi alat yang sangat diperlukan bagi karyawan untuk meningkatkan produktivitas mereka.

Baca juga: Kunci Sukses untuk Muda-mudi yang Ingin Terjun ke Dunia Bisnis

Hal itu mencakup aplikasi untuk manajemen proyek (project management), pengelolaan gudang (warehouse management system), pelacakan tugas (task management), pengelolaan data penjualan (point of sales), serta aplikasi akuntansi.

Ketiga, membantu menganalisis data. Aplikasi bisnis juga dapat dilengkapi dengan fitur analitik yang memungkinkan perusahaan menganalisis data mereka. Analisis data ini dapat memberikan wawasan berharga bagi perusahaan untuk membuat keputusan bisnis yang lebih baik.

Mengelola banyak bisnis dalam satu aplikasi

Di sisi lain, saat perusahaan tengah berkembang, direktur atau pemimpin perusahaan tentu membutuhkan kontrol perusahaan yang baik. Adapun cara yang dinilai paling efektif yang sudah diterapkan banyak perusahaan-perusahaan sukses yakni menggunakan aplikasi bisnis.

Aplikasi tersebut diklaim mampu memenuhi kebutuhan setiap perusahaan secara spesifik. Meski begitu, memilih aplikasi yang tepat sesuai kebutuhan memang gampang-gampang susah.

Baca juga: Ini Komunitas yang Bantu Percepat Pengembangan Bisnis Mitra UMKM Kuliner

Untuk itu, berikut tip memilih aplikasi bisnis untuk perusahaan.

  • Pilih aplikasi sesuai kebutuhan

Tentukan cakupan fitur apa saja yang dibutuhkan di perusahaan dan pilihlah aplikasi yang dapat memenuhi segala kebutuhan perusahaan secara spesifik.

Aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan dapat dirancang khusus untuk mendukung proses bisnis yang unik dan spesifik. Hal ini memastikan bahwa aplikasi dapat diintegrasikan dengan lancar dengan operasional bisnis yang ada.

  • Kenali biaya apa saja yang perlu disiapkan

Untuk menggunakan suatu aplikasi bisnis, tentu ada harga yang harus disiapkan oleh pemilik bisnis. Pada umumnya, biaya yang perlu dipersiapkan antara lain pengembangan aplikasi, server, domain, serta pemeliharaan sistem.

Baca juga: Simak 8 Tips Pentingnya Bergabung dalam Komunitas Bisnis

Untuk itu, kenali biaya-biaya tersebut agar dapat mempersiapkan secara matang rencana penggunaan aplikasi pada bisnis Anda.

  • Pastikan fitur-fitur dapat dikustomisasi

Dalam perjalanan bisnis, tentu perusahaan berpotensi semakin berkembang dan maju pesat. Seiring hal itu, jumlah karyawan pun semakin banyak. Di sisi lain, proses bisnis kerap kali harus berubah menyesuaikan perkembangan perusahaan.

Sebab itu, pastikan aplikasi bisnis yang digunakan juga dapat dikustomisasi menyesuaikan perkembangan perusahaan ke depannya.

Halaman:
Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com