Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kimia Farma Apotek Bakal IPO pada 2025

Kompas.com - 01/11/2023, 14:00 WIB
Kiki Safitri,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Anak usaha emiten farmasi BUMN PT Kima Farma Tbk (KAEF) yaitu Kimia Farma Apotek berencana melakukan Initial Public Offering (IPO) dan menjadi perusahaan tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI).

Corporate Secretary KAEF Ganti Winarno Putro mengatakan, saat ini perusahaan telah melakukan persiapan terkait hal tersebut. Rencananya paling lambat IPO akan direalisasikan pada 2025.

“Semua masih disiapkan, belum sampai ke arah sana (izin), proyeksinya di 2025. Harus dipersiapkan dulu lah,” jelas Ganti kepada wartawan, Selasa (31/10/2023).

Baca juga: GOTO Batalkan IPO di Luar Negeri, Ini Sebabnya

“Harus dipersiapkan dulu lah. Kita kan harus liat kondisi perekonomian juga,” tambahnya.

Ganti mengatakan, tujuan dari IPO anak usaha Kimia Farma tersebut adalah untuk mengembangkan usaha. Dia bilang, dengan modal yang besar, maka pengembangan usaha untuk Kimia Farma Apotik bisa lebih baik lagi.

“Tujuannya untuk pengembangan, kalau dengan adanya dana dari luar kita pasti akan berkembang lebih baik,” ungkap dia.

Baca juga: Hingga Oktober 2023, BEI Catat 73 Perusahaan Lakukan IPO

Ganti mengungkapkan, saat ini Kimia Farma Apotek mendominasi pasar dengan jumlah cabang sebanyak 1.250. Namun, Ganti enggan memberikan gambaran lebih lanjut, mengingat belum ada detail kesepakatan dari rencana IPO tersebut.

“Market share Kimia Farma Apotek itu paling besar, hampir 1.250 saat ini. Karena memang belum ada data detail jadi kita belum bisa beri gambaran,” ujarnya.

Baca juga: Apa Kabar IPO Pupuk Kaltim dan PHE?

Adapun untuk rencana ekspansi, dia memastikan akan dilakukan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Tujuan dari ekspansi bisnis adalah untuk pengembangan yang berorientasi pada kebutuhan konsumen.

“Dari sisi kebutuhan, kita lihat pasarnya seperti apa. Kalau kita paksakan di Jawa itu kan sudah penuh semua, kita juga punya aplikasi kimia farma mobile, artinya kita mengembangkan diri untuk dekat dengan masyarakat,” jelasnya.

Baca juga: Meski Sempat Tertunda, RedDoorz Targetkan Bisa IPO pada 2027

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com