Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Masuk Tahun Politik, Bagaimana Proyeksi Pergerakan IHSG?

Kompas.com - 02/11/2023, 17:40 WIB
Agustinus Rangga Respati,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sinarmas Sekuritas memproyeksikan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) sampai akhir tahun berada di level 7.000 sampai 7.300. Sementara itu, proyeksi IHSG tahun depan dipatok pada level 7.700.

Chief Investment Officer Sinarmas Asset Management Genta Wira Anjalu mengatakan, pihaknya belum dapat memprediksi apakah di akhir tahun akan terjadi window dressing.

Window dressing adalah strategi dari manajer investasi untuk meningkatkan performa portfolio sebelum disajikan atau dilaporkan kepada pemegang saham yang menjadi kliennya.

Baca juga: IHSG Ditutup Melonjak 108 Poin, GOTO Melesat 14,52 Persen

Ilustrasi saham perusahaan. ANTARA FOTO/HAFIDZ MUBARAK A Ilustrasi saham perusahaan.
Selain investor, banyak pula pula perusahaan atau emiten yang memanfaatkan momen window dressing untuk mempercantik alias memoles laporan keuangan mereka.

"Apakah akan ada window dressing atapu tidak? Ini memang suatu hal yang sulit untuk diprediksi dalam posisi seperti ini," kata dia dalam Webinar "Road to 2024: Market Outlook, Kamis (2/11/2023).

Ia menambahkan, kebijakan dari presiden terpilih nantinya akan memengaruhi kondisi pasar saham. Di sisi lain, kondisi politik juga dinilai sangat berpengaruh di kemudian hari.

"Misalnya yang menang eksekutif A, tapi dia tidak didukung legislatif yang banyak. Jadi mereka mengambil kebijakannya agak sulit. Itu biasanya memberikan sentiman yang kurang baik dari market," urai Genta.

Baca juga: The Fed Tahan Suku Bunga, IHSG Melesat

Pada intinya, Genta bilang, siapapun presidennya yang paling penting adalah dapat mengeluarkan kebijakan yang terukur.

"Karena market sangat tidak suka ketidakpastian. Semakin pasti dengan kebijakannya. Semakin market bisa mengukur risk and reward-nya, itu akan positif ke market siapapun presidennya," tutur Genta.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com