Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Negara di Dunia yang Tidak Punya Bandara, Apa Saja?

Kompas.com - 02/11/2023, 20:31 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Bandara adalah salah satu infrastruktur penting yang dimiliki sebuah negara. Meskipun mungkin sulit dipercaya, namun ada beberapa negara yang tidak memiliki bandara.

Dikutip dari Times of India, Kamis (2/11/2023), negara-negara ini telah secara efektif menunjukkan bahwa memiliki bandara tidak selalu merupakan suatu keharusan. Sebaliknya, negara-negara ini berbagi sumber daya dengan negara-negara tetangganya.

Namun, di sejumlah negara, tidak adanya bandara bukanlah suatu pilihan, karena keterbatasan geografis tidak memungkinkan adanya bandara.

Baca juga: Info Tarif Parkir Inap dan Harian di Bandara Soekarno-Hatta Terbaru

Ilustrasi lansekap San Marino, salah satu negara terkecil di dunia.iStockphoto/taratata Ilustrasi lansekap San Marino, salah satu negara terkecil di dunia.

Berikut beberapa negara yang tidak memiliki bandara.

1. San Marino

Terletak dekat dengan Vatikan, San Marino memiliki keunggulan sebagai salah satu negara tertua di dunia. Dikelilingi oleh Italia, San Marino tidak memiliki akses ke laut.

Selain itu, karena luas wilayah yang kecil, San Marino tidak memiliki bandara. Namun demikian, kontur wilayah San Marino yang relatif datar dilintasi oleh jaringan jalan raya yang luas, memudahkan pergerakan orang ke luar negeri dan menyediakan akses ke berbagai wilayah Italia ke segala arah.

Salah satu bandara terdekat terletak di Rimini, Italia. Meskipun bandara ini relatif kecil, namun berfungsi sebagai pusat transportasi penting bagi penduduk lokal dan wisatawan yang berkunjung ke San Marino.

Baca juga: Pembangunan Bandara IKN Resmi Dimulai, Bisa Didarati Pesawat mulai Juli 2024

Selain itu, wisatawan memiliki akses ke sejumlah bandara terdekat lainnya, termasuk bandara di Bologna, Florence, Venesia, dan Pisa, yang sering digunakan untuk menuju San Marino.

2. Vatikan

Ini adalah negara terkecil di dunia, dan memiliki populasi sekitar 800 jiwa. Ukuran negara yang padat memberikan sedikit ruang untuk pendaratan pesawat, sedangkan tidak ada sungai atau perairan untuk memfasilitasi transportasi alternatif.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com