Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Maaf untuk Sementara ATM Tidak Dapat Mengeluarkan Uang, Solusinya?

Kompas.com - 02/11/2023, 22:02 WIB
Muhammad Idris

Penulis

KOMPAS.com - Maaf untuk sementara ATM tidak dapat mengeluarkan uang. Tulisan keterangan tersebut barangkali pernah Anda lihat saat Anda hendak mengambil uang di mesin tarik runai.

Tulisan ATM tidak bisa mengeluarkan uang memang cukup sering kita temui. Ada beberapa alasan ATM tidak bisa mengeluarkan uang.

Jika di layar muncul tulisan maaf untuk sementara ATM tidak dapat mengeluarkan uang, maka Anda sebaiknya mencari mesin ATM lain terdekat untuk melakukan transaksi tarik tunai.

Namun bila transaksi Anda bukan tarik tunai, misalnya saja untuk mentransfer uang, pembayaran tagihan, pembayaran virtual, hingga cek saldo, maka transaksi-transaksi tersebut masih bisa dilakukan.

Baca juga: 6 Jenis Kartu ATM Mandiri, Limit, dan Biaya Admin per Bulannya

Penyebab ATM tidak bisa mengeluarkan uang

Melansir beberapa laman resmi perbankan Tanah Air, berikut ini beberapa penyebab munculnya keterangan maaf untuk sementara ATM tidak dapat mengeluarkan uang di layar:

1. Stok uang tunai habis

Penyebab paling umum tulisan ATM tidak bisa mengeluarkan uang adalah karena stok uang tunai di mesin ATM sudah habis. Artinya, ATM tidak akan bisa mengeluarkan lembaran uang selama belum diisi ulang oleh petugas.

Stok uang tunai di mesin ATM yang habis banyak terjadi pada mesin ATM yang berada di lokasi strategis dan keramain. Sehingga jumlah penarikannya sangat tinggi.

2. Gangguan

Penyebab kedua ATM tidak dapat mengeluarkan uang tentu saja adalah karena gangguan pasa sistem software maupun hardware. Saat itu terjadi, maka layar akan memunculkan keterangan tulisan ATM tidak bisa mengeluarkan uang.

Kerusakan pada mesin ATM merupakan hal yang wajar, karena alat ini bekerja selama 24 jam nonstop. Saat mengalami kerusakan, biaya pihak bank akan langsung mengetahuinya melalui sistem.

Sehingga tak lama kemudian, petugas dari bank akan langsung melakukan perbaikan. Itu sebabnya, sangat jarang terjadi ATM mengalami gangguan selama berhar-hari.

3. Saldo kurang

Kasus ATM tidak bisa mengeluarkan uang ketiga ini bisa dikatakan cukup jarang terjadi. Saldo ATM yang kurang biasanya terjadi saat nasabah melakukan penarikan nominal uang dalam jumlah besar.

Misalnya, stok uang tunai di mesin ATM tersisa Rp 700.000, sementara nasabah melakukan penarikan uang tunai sebesar Rp 1.000.000. Maka otomatis ATM tidak dapat mengeluarkan uang.

Baca juga: Cara Memasukkan Kartu ATM BRI yang Benar dan Aman

Apa yang harus dilakukan saat tulisan ATM tidak bisa mengeluarkan uang?

Yang harus dilakukan ATM tidak dapat mengeluarkan uang adalah nasabah harus mencari lokasi penarikan uang di ATM lainnya yang terdekat.

Bila lokasi ATM lumayan jauh, Anda bisa memanfaatkan layanan tarik tunai yang sudah banyak disediakan agen-agen bank Laku Pandai seperti BRILink, agen BNI 46, dan sebagainya.

Itulah informasi seputar kasus apabila Anda menemui layar ATM dengan tulisan maaf untuk sementara ATM tidak dapat mengeluarkan uang. Semoga informasi ini dapat membantu.

Solusi maaf untuk sementara ATM tidak dapat mengeluarkan uang alias keterangan tulisan ATM tidak bisa mengeluarkan uang, tentu saja Anda harus mencari ATM lain di lokasi terdekat. Muhammad Idris/Money.kompas.com Solusi maaf untuk sementara ATM tidak dapat mengeluarkan uang alias keterangan tulisan ATM tidak bisa mengeluarkan uang, tentu saja Anda harus mencari ATM lain di lokasi terdekat.

Baca juga: Cara Tarik Tunai Tanpa Kartu ATM BRI Pakai HP Paling Gampang

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com