Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

RMKE Bukukan Laba Bersih Rp 282,36 Miliar pada Kuartal III 2023

Kompas.com - 03/11/2023, 20:49 WIB
Kiki Safitri,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT RMK Energy Tbk (RMKE) mencatatkan pertumbuhan laba bersih pada kuartal III 2023 sebesar 2,5 persen menjadi Rp 282,36 miliar, dibandingkan periode sama tahun sebelumnya Rp 275,32 miliar.

Namun demikian, pendapatan perseroan mengalami penurunan pada kuartal III 2023 menjadi Rp 1,8 triliun, dibandingkan periode sama tahun sebelumnya Rp 1,9 triliun.

Penurunan pendapatan juga sejalan dengan penurunan tipis pada beban pokok pada kuartal III 2023 sebesar Rp 1,4 triliun dibandingkan periode sama tahun sebelumnya sebesar Rp 1,46 triliun.

Baca juga: Laba Bersih Emiten Batu Bara Boy Thohir Turun 36,31 Persen

Ilustrasi tambang batu bara.UNSPLASH/DOMINIK VANYI Ilustrasi tambang batu bara.

“Hal ini disebabkan oleh normalisasi harga yang menyebabkan penurunan yang signifikan pada segmen penjualan batu bara,” kata Direktur Keuangan RMKE, Vincent Saputra di Jakarta, Kamis (3/11/2023).

Namun, pendapatan usaha dari segmen jasa berhasil mengimbangi penurunan yang disebabkan normalisasi harga tersebut.

Pendapatan usaha dari segmen penjualan batu bara sebesar Rp 1,2 triliun, atau turun sebesar 19,5 persen secara tahunan (yoy), namun pendapatan usaha dari jasa tumbuh sebesar 59,1 persen (yoy) menjadi Rp 620,5 miliar pada kuartal III 2023.

“Dengan mempertahankan pendapatan usaha, perseroan berhasil meningkatkan margin laba kotor pada level 23,6 persen atau meningkat 130 bps dari 22,9 persen pada periode yang sama tahun lalu,” tambah Vincent.

Baca juga: Perkuat Bisnis Non-Batu Bara, United Tractors Kembali Caplok Perusahaan Nikel

Hal ini dicapai karena beban COGS segmen penjualan batu bara juga turun sebesar 12,3 persen (yoy) sehingga segmen penjualan batu bara masih membukukan kinerja positif dengan margin yang lebih kecil dibandingkan dengan tahun lalu.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com