Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mandiri Capital Indonesia Dorong Pertumbuhan Startup RI lewat 2 Program Ini

Kompas.com - 09/11/2023, 19:04 WIB
Kiki Safitri,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Mandiri Capital Indonesia (MCI), perusahaan modal ventura yang didirikan oleh BUMN yakni Mandiri Group memiliki program Xponent sebagai acara kolaborasi bisnis startup, Xponent merupakan wadah bagi startup untuk bersinergi dengan ekosistem yang ada di Mandiri Group.

Chief Investment Officer PT Mandiri Capital Indonesia Dennis Pratistha mengatakan, Xponent jilid 3 ini berlangsung bersamaan dengan pengenalan finalis Zenith Accelerator sekaligus rangkaian acara memeriahkan perayaan ulang tahun MCI yang ke-8.

Xponent Batch 3 mengambil tema ‘Collaboration Towards The Future’. Tema ini sejalan dengan misi perusahaan untuk mendorong lebih banyak kolaborasi yang membuka potensi bisnis dan pertumbuhan koneksi.

Baca juga: Startup Coworking WeWork Ajukan Kebangkrutan, padahal Pernah Didanai SoftBank hingga 47 Miliar Dollar AS

“Sejalan dengan tema keberlanjutan yang menjadi fokus utama pada perayaan ulang tahun MCI kali ini, MCI mengadopsi pendekatan yang mendukung kelestarian lingkungan, salah satunya adalah dengan memberikan appreciation bagi unit bisnis di Bank Mandiri dan perusahaan anak dalam bentuk sertifikat carbon credit,” kata Dennis di Jakarta, Kamis (9/11/2023).

Sertifikat ini mencatat, setiap piagam berisi 8 metrik ton karbon, setara dengan menghapus jejak karbon sebesar 8 ton karbon bagi penerima piagam ini.

Dengan menerima sertifikat ini, para penerima, atau yang disebut beneficiaries, telah berkontribusi dalam upaya menjaga bumi dengan mengurangi jejak karbon mereka atau institusi sebesar 8 ton karbon.

Bersamaan dengan Xponent Batch 3, Mandiri Capital Indonesia resmi memperkenalkan 6 startups yang menjadi finalis program Zenith Accelerator.

Baca juga: Startup Fabelio Kini Pailit usai Kantongi Dana Segar Rp 300 Miliar

Mengusung tema ‘Catalyzing Innovation, Growth, and Sustainability’, serta melalui proses seleksi dan kurasi terpilih Top 6 Finalis Zenith.

6 finalis tersebut, di antaranya adalah Rekosistem, perusahaan pengelolaan sampah yang bertujuan mewujudkan ekosistem berkelanjutan dengan menggunakan solusi teknologi dan metode ramah lingkungan.

 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com