Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[NGOBROL BOSS] Apa Benar Karyawan KCI Bisa Naik KRL Gratis Seumur Hidup?

Kompas.com - 12/11/2023, 11:30 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Siapa sangka menjadi karyawan anak usaha BUMN PT KAI yakni PT KAI Commuter (KCI) ternyata bisa merasakan naik KRL Commuter Line tanpa bayar setiap hari.

Namun apakah keistimewaan ini bisa berlaku untuk seumur hidup serta tidak ada ketentuan lain yang harus diperhatikan karyawan KCI?

Direktur Utama KCI Asdo Artriviyanto membenarkan bahwa karyawan KCI boleh naik KRL secara gratis setiap harinya hanya dengan menggunakan kartu identitas karyawan.

Pasalnya, kartu identitas karyawan ini bisa digunakan untuk membuka gerbang masuk (gate in) dan gerbang keluar (gate out) di stasiun KRL.

Baca juga: Mengenal Apa Itu Fitur Connecting Train di Access by KAI dan Caranya

Lantaran untuk naik KRL gratis ini karyawan KCI memerlukan kartu identitasnya, maka fasilitas ini hanya bisa dinikmati selama karyawan tersebut bekerja di KCI.

"Enggak (berlaku seumur hidup) dong. Selama kita punya ini (kartu ID karyawan), ini bisa untuk buka pintu nih buka gate yang ada di stasiun," ujarnya dalam wawancara khusus Ngobrol Boss Kompas.com, dikutip Minggu (12/11/2023).

"Semua pegawai KCI mempunyai kartu ini, tapi setelah pensiun ya sudah (tidak bisa menggunakan kartu karyawan)," tambahnya.

Baca juga: [NGOBROL BOSS] Asdo Artriviyanto, Dirut yang Hobi Naik KRL dan Dengar Keluhan Anker

 


Meski demikian, karyawan KCI yang menggunakan fasilitas naik KRL gratis ini harus memperhatikan satu hal, yaitu tidak diperbolehkan duduk di dalam kereta selama perjalanan. Sebab, tempat duduk di dalam kereta harus diutamakan untuk digunakan para penumpang KRL.

Hal ini tidak terkecuali dilakukan oleh seluruh karyawan KCI termasuk Asdo yang menempati posisi nomor 1 di KCI.

"Kita pun juga karena kita gratis ya, di dalam kereta kita selalu tidak pernah duduk. Kita selalu harus memprioritaskan penumpang. Termasuk saya, Dirut pun kalau naik KRL berdiri saya," ucapnya.

Baca juga: Ada LRT Jabodebek, KCI Sebut Jumlah Penumpang KRL Jabodetabek Meningkat

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com