Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cegah Inflasi, Probolinggo Pasok 30 Ton Bawang Merah ke Maluku Tengah

Kompas.com - 12/11/2023, 14:00 WIB
Ahmad Faisol,
Aprillia Ika

Tim Redaksi


PROBOLINGGO, KOMPAS.com - Untuk mencegah inflasi, Pemkab Probolinggo, Jawa Timur, bersama Pemkab Maluku Tengah, Maluku, menjalin MoU komoditas produk unggulan salah satunya bawang merah.

Sebagai tindak lanjut MoU, Kabupaten Probolinggo mengirimkan puluhan ton bawang merah ke Kabupaten Maluku Tengah.

Pj Bupati Probolinggo Ugas Irwanto mengatakan, Kabupaten Probolinggo memasok puluhan ton bawang merah sebagai tindak lanjut nota kesepahaman atau MoU yang sudah diteken. Salah satu tujuannya untuk menekan inflasi yang seringkali diingatkan oleh Mendagri Tito Karnavian.

"Bawang merah yang merupakan komoditas unggulan Kabupaten Probolinggo sudah dikirim ke Maluku Tengah dengan sejumlah tahap. Melibatkan pedagang bawang merah. Pemkab Probolinggo memfasilitasi," kata Ugas, Sabtu (11/11/2023).

Baca juga: Bos Bank Sentral AS: Perjalanan Turunkan Inflasi Masih Panjang...

Kepala DKUPP Kabupaten Probolinggo Taufik Alami menjelaskan, rencana pemesanan bawang merah oleh Pemkab Maluku Tengah sebanyak 30 ton.

"Secara bertahap dikirim sebanyak 15 ton untuk pengiriman awal. Saat ini yg masuk baru 3 ton," jelas Taufik.

Menurutnya, kerja sama itu sistemnya B to B (bisnis to bisnis). Artinya komunikasi bisnis antar pedagang Malteng dan Kabupaten Probolinggo sendiri.

Pemerintah daerah memfasilitasi dan menjamin kelancaran proses hingga ke tujuan sasaran. Intinya terjadi simbiosis mutualisme antara pemerintah daerah.

"Produk bawang merah probolinggo dapat terserap ke Maluku Tengah yang saat ini berjuang mengatasi inflasi, khususnya dipengaruhi dari sektor bawang merah. Bawang merah probolinggo dipilih karena aroma kuat dan lebih tahan lama," tandas Taufik.

Baca juga: Akui Harga Cabai Tinggi, Bapanas Minta Daerah yang Stok Cabai Surplus Kirim ke Daerah Defisit

 


Dalam kerja sama ini, Pemkab Maluku Tengah memberikan subsidi biaya transportasi dari Kabupaten Probolinggo ke Maluku Tengah.

Sebagai informasi, Pemkab Probolinggo dan Pemkab Maluku Tengah menandatangani kesepakatan bersama dan perjanjian kerja sama Tentang Distribusi Komoditas dan Produk Unggulan di Pendopo Prasaja Ngesti Wibawa Kabupaten Probolinggo, Jumat (20/10/2023) lalu.

Nota kesepakatan bersama ini diteken oleh Pj Bupati Probolinggo Ugas Irwanto dan Pj Bupati Maluku Tengah Rakib Sahubawa.

Baca juga: Akhir Pekan, Harga Cabai, Bawang Merah dan Daging Sapi Naik di Jakarta

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com