Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

15 Tahun Dukung UMKM, Jumlah Toko yang Gabung SRC Lebih dari 243.000

Kompas.com - 19/11/2023, 20:55 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Sektor usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) memiliki peran penting dalam pertumbuhan perekonomian Indonesia. Itu sebabnya, sektor UMKM perlu dukungan berkelanjutan agar dapat semakin meningkatkan daya saing usaha milik masyarakat.

Salah satu pihak yang turut mengambil peran dalam memberdayakan UMKM adalah PT SRC Indonesia Sembilan (SRCIS), yang berada di bawah PT HM Sampoerna Tbk dan menaungi Sampoerna Retail Community (SRC).

Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan RI Isy Karim menyampaikan apresiasinya terhadap SRC atas upayanya yang konsisten untuk mendukung peningkatan daya saing UMKM, khususnya toko kelontong anggota Sampoerna Retail Community (SRC).

Baca juga: Terus Bertambah, Jumlah Toko Kelontong Tergabung dalam SRC Capai 165.000

Ilustrasi UMKMShutterstock Ilustrasi UMKM

“Kehadiran SRC menurut kami berkah buat pemerintah karena ikut membantu pemberdayaan UMKM khususnya toko kelontong,” ujar Isy dalam keterangan tertulis, Minggu (19/11/2023).

Ia menuturkan, pendampingan yang dilakukan SRC mampu membantu UMKM untuk naik kelas, utamanya melalui pemanfaatan teknologi. Para pelaku UMKM, katanya, memang perlu mengadaptasi digitalisasi agar bisa naik kelas dari usaha kecil menjadi menengah hingga besar.

“Digitalisasi adalah keniscayaan sehingga para pelaku UMKM harus bisa beradaptasi dan bersaing di tengah perubahan dunia usaha yang sangat dinamis,” papar Isy.

Pada kesempatan yang sama, Christina Rahayuningtyas, Manager Commercial Ecosystem Development PT SRC Indonesia Sembilan menyampaikan, pihaknya berkomitmen mewujudkan UMKM Indonesia naik kelas, sejalan dengan program pemerintah.

Baca juga: Nobu Bank Fasilitasi Penyaluran KUR untuk Toko Jaringan SRC secara Digital

Hal ini diwujudkan dalam berbagai program pengembangan dan penguatan toko kelontong yang berbasis inovasi, digitalisasi, dan kolaborasi dengan berbagai pemangku kepentingan, termasuk pemerintah.

“Kami bersyukur, kehadiran SRC dapat menciptakan dampak positif yang tidak hanya dirasakan oleh para pemilik toko kelontong anggota SRC, tetapi juga masyarakat luas,” kata Christina.

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com