Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pelatihan "Welding" untuk Kebutuhan Perusahaan Tambang Digelar di Kaltim

Kompas.com - 20/11/2023, 13:32 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com – Anak usaha PT ABM Investama (ABM) Tbk, yakni PT Sanggar Sarana Baja (SSB), meluluskan 15 peserta Welding Development Program (WDP) di Kalimantan Timur.

Program ini merupakan kegiatan kedua yang telah dijalankan selama periode 2023 setelah sebelumnya digelar di Sangatta, Kalimantan Timur pada awal tahun ini. Di samping itu, ada pula Machining Development Program (MDP) di Training Center SSB Kariangau, Balikpapan.

Program WDP telah berlangsung sejak 19 Juli 2023 dan dimulai dengan pelatihan pengelasan (welding) hingga 3G Shielded Metal Arc Welding (SMAW) di Balai Besar Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BBPVP) Serang. Kemudian, kegiatan dilanjutkan dengan pelatihan pengelasan hingga posisi 6G sampai dengan On the Job Training yang berlangsung di Training Center SSB Cikupa hingga 16 November 2023.

Baca juga: ABMM Fokus Terapkan ESG, Rehabilitasi Lahan hingga Kelola Limbah Sawit

Ilustrasi kegiatan welding atau pengelasan di lokasi operasional perusahaan tambang. SHUTTERSTOCK/KING ROPES ACCESS Ilustrasi kegiatan welding atau pengelasan di lokasi operasional perusahaan tambang.

WDP merupakan program CSR yang diselenggarakan untuk mendidik pemuda dengan usia produktif agar siap bersaing di dunia kerja.

Pada periode ini, peserta yang lulus WDP di antaranya 9 berasal dari Papua dan 6 lainnya Pulau Jawa. Setiap tahunnya, SSB menyasar seluruh wilayah operasionalnya guna memberikan pelatihan dalam mengembangkan keterampilan sekaligus menciptakan SDM unggul.

WDP menjadi inisiasi SSB untuk membantu lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA) dan D-III guna meningkatkan technical skill dan soft skill. Sejak diselenggarakan pada 2017, SSB berhasil meluluskan lebih dari 150 peserta di area operasional perusahaan.

Program ini berhasil memberikan kesempatan kepada peserta untuk menjadi tenaga kerja kompeten.

Baca juga: Pemerintah Mau Lelang 10 Wilayah Tambang Minerba, IMA: Kesempatan Dapat Mineral Kritis untuk EV dan EBT

Sebagai salah satu program pionir CSR SSB, WDP melatih tenaga las berkualitas yang terdiri dari 15 persen teori dan 85 persen praktik.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com