Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

White Clay Milik Anak Usaha SMGR Raih Hak Paten

Kompas.com - 30/11/2023, 08:00 WIB
Kiki Safitri,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

 

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SMGR) terus mendorong inovasi pada lini bisnis. Inovasi dari SMGR tersebut membuat perusahaan meraih hak paten atas produk white clay (tanah liat putih) yang dikembangkan melalui PT Semen Baturaja Tbk (SMBR).

Corporate Secretary SMGR, Vita Mahreyni mengatakan, hak paten yang diajukan sejak 9 Februari 2021 tersebut efektif berlaku sejak 13 Oktober 2023.

Hak paten dengan Nomor Paten IDP000090055 diterbitkan oleh Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (KemenkumHAM) Republik Indonesia, dan diberikan kepada SMBR atas penemuan berupa “Proses Produksi White Clay sebagai Bahan Baku Pupuk NPK.”

“Dengan demikian, SMBR menjadi perusahaan semen pertama di Indonesia yang berhasil menghasilkan white clay sebagai produk sampingan,” kata Vita, Kamis (30/11/2023).

Baca juga: SMGR Jamin Produk yang Dipasarkan Miliki Kualitas Unggul, Tersertifikasi, dan Ber-SNI

Vita mengungkapkan, White clay merupakan salah satu bahan baku penting dalam pembuatan pupuk NPK (Nitrogen, Phosphat, Kalium), yang berfungsi sebagai perekat antara unsur nitrogen, fosfor, dan kalium yang menjadi penyusun pupuk NPK.

“Perolehan hak paten ini memperkuat peluang bisnis SMGR dari optimalisasi sumber daya dan proses produksi yang efisien,” ujarnya.

“Apa yang dilakukan oleh SMBR, merupakan realisasi salah satu fokus strategis Pada pengembangan bisnis dan produk yang juga mendukung tercapainya visi kami menjadi penyedia solusi bahan bangunan terdepan di regional,” lanjut dia.

Vita mengatakan, SMBR telah menjajaki potensi bisnis white clay sejak 2019 sebagai salah satu strategi menghadapi tantangan kelebihan kapasitas di industri semen. SMBR juga telah melakukan penelitian dan pengembangan proses produksi white clay selama beberapa tahun, hingga akhirnya proses produksi tersebut dinilai lebih efisien dan menghasilkan white clay dengan kualitas yang lebih baik.

Baca juga: SMGR Selesaikan Rencana Pengelolaan Situs Prasejarah di Area Operasi Semen Tonasa

 


Direktur Utama SMBR, Suherman Yahya mengatakan, hak paten ini menjadi salah satu pencapaian penting bagi perusahaan.

"Hak paten ini diharapkan akan mendorong SMBR untuk terus berinovasi dan menghasilkan produk dan produk turunan yang berkualitas," ujar Suherman.

Hingga kuartal III-2023, pendapatan dari penjualan white clay meningkat sebesar 13 persen menjadi Rp 27,62 miliar dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun sebelumnya.

Pertumbuhan penjualan white clay ini pun turut berkontribusi 10 persen dalam peningkatan pendapatan Perseroan.

“Dengan perolehan hak paten ini, kami akan memiliki keunggulan kompetitif dalam memproduksi white clay untuk pupuk NPK. Hak paten ini juga memberikan manfaat bagi industri pupuk nasional, karena akan meningkatkan ketersediaan bahan baku white clay yang berkualitas,” tegas Suherman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com