Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Resolusi Keuangan 2024, Anak Muda Harus Bayar Utang Pinjol dan "Paylater"

Kompas.com - 01/12/2023, 17:40 WIB
Agustinus Rangga Respati,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menjelang 2024, anak muda yang menggunakan fasilitas keuangan buy now pay later (BNPL) atau paylater dan pinjaman online (pinjol) perlu memiliki rencana yang matang, terutama dalam cara pelunasannya.

Pasalnya, banyak anak muda yang terlena dan tidak memiliki rencana matang untuk melunasi pinjaman.

Padahal saat ini, pinjaman yang macet di paylater dan pinjol dapat terekam dan memengaruhi skor kredit seseorang. Dalam perkara lain, skor kredit yang buruk dapat mengganjal ketika seseorang mencari kerja atau mengambil kredit yang berbeda.

Baca juga: OJK Akan Sanksi Pinjol yang Tidak Transparan dengan Biaya Pinjaman

Faculty Head Sequis Quality Builder Sequis Training Academy of Excellence Fandi Murdani mengimbau anak muda untuk membatasi belanja dan disiplin menjalankan perencanaan keuangan.

"Agar tidak terjebak dalam budaya konsumtif dan demi stabilitas keuangan," kata dia dalam keterangan resmi, dikutip Jumat (1/12/2023).

Ia juga mengingatkan anak muda untuk terlebih dahulu mengecek kekuataan finansial untuk melunasi cicilan pinjol ketika jatuh tempo.

Salah satu hal yang paling sederhana dalam perencanaan keuangan adalah membuat catatan pemasukan, rencana pengaluaran, dan realisasinya.

Dengan cara ini, anak muda dapat memperkirakan kecukupan dana dalam jangka pendek maupun jangka panjang.

"Sehingga cukup dana untuk mempersiapkan masa depan karena pengeluaran saat ini mampu Anda biayai dari pendapatan, bukan dengan berutang,” imbuh dia.

Berikut ini adalah tips untuk menyusun resolusi keuangan pada 2024.

1. Memiliki tujuan finansial

Anak muda perlu berpikir matang sebelum menggunakan paylater. Menakar seberapa besar kepentingan dari pinjaman akan menyaring keinginan dan kebutuhan.

Selain itu, penting untuk anak muda memiliki tujuan finansial jangka panjang. Ketika sudah memiliki tujuan finansial, anak muda biasanya akan terhindar dari belaja impulsif, apalagi sampai menggunakan pinjaman.

"Komitmen ini akan membantu Anda terhindar dari perilaku belanja impulsif, kebocoran tabungan, dan lebih mudah menjalankan resolusi tahun baru," ujar dia.

2. Pahami pokok pinjaman, cicilan, bunga, dan denda

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com