Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ditopang Pertanian dan Konsumsi, Ekonomi Jabar Tetap Tumbuh Pada 2024

Kompas.com - 10/12/2023, 07:00 WIB
Reni Susanti,
Aprillia Ika

Tim Redaksi


BANDUNG, KOMPAS.com - Di tengah ketidakpastian global dan kontestasi politik, perekonomian Jawa Barat diperkirakan tetap bertumbuh pada 2024.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Jawa Barat Erwin Gunawan Hutapea mengatakan, pada 2024 sejumlah sektor diperkirakan mengalami penguatan. Di antaranya sektor pertanian dan konsumsi.

"Sehingga di tengah tantangan itu 2024 keliatannya kita tetap optimis bahwa 2024 kita bisa tumbuh lebih baik daripada 2023," ungkap dia dalam Bisnis Indonesia West Java Economic Outlook 2024, di Bandung, Sabtu (9/12/2023).

Menurut dia, sektor pertanian kemungkinan akan segera menggeliat di 2024 lantaran dampak El Nino mulai mereda.

Baca juga: Kelebihan Pasokan Gas di Jatim Bakal Disalurkan ke Jabar Akhir Tahun Ini

Di 2023 sendiri, produksi pertanian merosot sehingga berdampak pada lonjakan harga pangan dari produk pertanian.

"Sektor pertanian juga kita harapkan pertumbuhan yang lebih bagus dan stabilitas harga yang selama ini banyak dikontribusi oleh produk produk pertanian yang terganggu produksinya karena el nino lebih baik di 2024 sehingga dengan situasi itu kita berharap 2024 kita bisa tumbuh lebih baik dan kami cukup optimis," jelasnya.

Baca juga: Kemenag Tolak Usulan Jamaah Haji Jabar Terbang dari Bandara Kertajati, Ini Alasannya

Selain itu, ia juga menilai kontestasi politik Pemilihan Presiden, Pemilihan Legislatif dan Pemilihan Kepala Daerah akan berkontribusi terhadap peningkatan geliat konsumsi masyarakat.

"Tentunya ini juga akan membuat geliat ekonomi domestik itu lebih tinggi fenomena nya seperti itu kalau ada Pilpres, Pileg, Pilkada, euforia itu akan menyebabkan konsumsi lebih tinggi," imbuhnya.

Sehingga, pihaknya berharap dengan stabilitas harga yang terjaga dan konsumsi lebih baik, akan menjadi salah satu motor penggerak perekonomian setidaknya di kuartal I dan kuartal IV 2024.

"Karena Pilpres, Pilegnya di kuartal I dan Pilkadanya di kuartal IV 2024," jelasnya.

Baca juga: UMP Jabar 2024 Naik 3,57 Persen, Ditetapkan Rp 2.057.495

 


Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Disperindag Jawa Barat Noneng Komara Nengsih menilai, pada 2023 kinerja ekspor Jawa Barat menunjukkan tren positif.

Hal tersebut ditunjukkan dengan neraca perdagangan Jawa Barat yang selalu mengalami surplus.

"Secara kumulatif Januari-Oktober 2023 total neraca perdagangan Jawa Barat surplus 20.57 miliar dollar AS," jelasnya.

Dalam hal pengendalian inflasi pun Noneng optimistis Jawa Barat akan memertahankan tren positifnya sehingga akan menopang daya beli masyarakat dengan kolaborasi bersama seluruh stakeholders.

"Inflasi Jawa Barat terkendali dalam sasaran, menurun dari 6,17 persen di Februari 2023 menjadi 2,85 persen di November 2023 (yoy). Dengan terkendalinya inflasi, daya beli masyarakat akan meningkat, sehingga permintaan domestik juga akan meningkat," imbuhnya.

Baca juga: Industri Tekstil di Jabar Terancam Setop Produksi, Imbas Predatory Pricing di Social Commerce

Sementara itu, Ketua Apindo Jabar Ning Wahyu Astutik mengaku optimistis Jawa Barat akan menjadi destinasi investasi favorit bagi investor. Untuk itu kepala daerah diharapkan bisa menghadirkan ekosistem investasi yang kondusif demi serapan tenaga kerja yang baik.

"Jawa Barat ini masih dilihat strategis, namun memang ada sejumlah catatan yang harus dilakukan untuk mengakselerasi pertumbuhan investasi," imbuhnya.

Pasalnya, untuk menjaga arus investasi ke Jawa Barat, dibutuhkan peran serta stakeholders baik pemerintah, asosiasi, swasta, APH dan pihak lainnya.

"Ini harus dilakukan bersama, untuk menjaga juga perekonomian Jawa Barat," jelasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com