Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

9 Penyebab Inflasi yang Paling Sering Terjadi di Indonesia

Kompas.com - 12/12/2023, 16:41 WIB
Muhammad Idris

Penulis

 

KOMPAS.com - Ada banyak penyebab inflasi di beberapa negara, termasuk Indonesia. Inflasi sendiri kerap dikaitkan dengan kenaikan harga-harga barang.

Mengutip Investopedia, inflasi adalah kenaikan harga, yang dapat diartikan sebagai penurunan daya beli dari waktu ke waktu.

Tingkat penurunan daya beli dapat tercermin dalam kenaikan harga rata-rata sejumlah barang dan jasa tertentu selama periode waktu tertentu, biasanya dihitung dalam setahun.

Kenaikan harga, yang sering dinyatakan dalam persentase, memiliki arti nilai dari mata uang untuk membeli sudah berkurang dibandingkan periode yang sama sebelumnya.

Kebalikan dari inflasi adalah deflasi, yang terjadi ketika harga-harga turun dan daya beli meningkat.

Baca juga: 11 Indikator Keberhasilan Pembangunan Ekonomi

Penyebab inflasi

Apa yang menyebabkan inflasi?

Ada beberapa penyebab terjadinya inflasi, dan faktor inflasi bisa bervariasi tergantung pada faktor-faktor ekonomi yang berlaku di suatu negara.

Beberapa faktor penyebab inflasi:

1. Permintaan yang naik

Faktor inflasi pertama adalah kenaikan permintaan. Jika permintaan akan barang dan jasa melebihi penawaran yang ada, harga cenderung naik karena konsumen bersaing untuk mendapatkan produk yang terbatas.

2. Biaya Produksi

Kedua faktor penyebab inflasi di Indonesia adalah kenaikan biaya produksi. Jika biaya produksi suatu barang atau jasa meningkat, produsen mungkin akan menaikkan harga untuk menjaga keuntungan mereka.

3. Biaya tenaga kerja

Penyebab inflasi ketiga adalah kenaikan ongkos pekerja. Jika biaya tenaga kerja meningkat, baik karena kenaikan upah atau biaya lainnya, perusahaan dapat mentransfer biaya tersebut ke konsumen dalam bentuk harga yang lebih tinggi.

4. Kenaikan harga bahan baku

Faktor inflasi keempat adalah adanya kenaikan pada harga bahan baku. Kenaikan harga bahan baku seperti minyak, logam, atau komoditas lainnya dapat menyebabkan kenaikan biaya produksi dan, akhirnya, kenaikan harga produk.

5. Peningkatan uang beredar

Kelima penyebab inflasi adalah adalah jumlah uang yang beredar bertambah. Jika jumlah uang yang beredar dalam suatu ekonomi meningkat lebih cepat daripada pertumbuhan ekonomi secara keseluruhan, hal ini dapat menyebabkan kenaikan harga.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com