Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS

Luncurkan Kampanye Beli Lokal 12.12, Mendag Zulhas: UMKM Harus Dibela

Kompas.com - 12/12/2023, 18:33 WIB
Inang Sh ,
Mikhael Gewati

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Kementerian Perdagangan (Kemendag) terus berupaya mempromosikan produk lokal yang diproduksi pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) guna menjadi tuan rumah di negeri sendiri. 

Dalam peringatan Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas), Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan (Zulhas) meluncurkan “Kampanye Beli Lokal 12.12” di Jakarta, Selasa (12/12/2023). 

Peluncuran itu sekaligus memperkuat komitmen pemerintah dalam membela UMKM dan membangun ekosistem agar UMKM dapat naik kelas dengan memasuki dunia niaga elektronik (e-commerce). 

Dengan menata dan mengatur perdagangan secara digital atau e-commerce melalui Peraturan Mendag (Permendag) Nomor 31 Tahun 2023, penyedia e-commerce dan UMKM diharapkan dapat lebih maju menuju Indonesia Maju.

Hadir pada acara tersebut President Tokopedia Melissa Siska dan Executive Director of E-Commerce Tiktok Shop Indonesia Stephanie Susilo. 

Baca juga: TikTok Ungkap Alasan Gandeng Tokopedia untuk Luncurkan TikTok Shop

Turut mendampingi Zulhas, Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemendag Suhanto dan Direktur Jenderal (Dirjen) Perdagangan Dalam Negeri Isy Karim.

"UMKM harus sungguh-sungguh dibela karena menopang ekonomi Indonesia dengan kontribusi mencapai 60 persen Produk Domestik Bruto (PDB) dan menyerap 90 persen tenaga kerja,” katanya melansir kemendag.go.id. 

Mendag Zulhas mengatakan, jika Indonesia ingin menjadi negara maju pada 2045, kata kuncinya adalah UMKM yang naik kelas. 

“Oleh karena itu, perhatian dan keberpihakan pemerintah untuk mengembangkan dan melindungi bidang ini harus dilakukan," terangnya.

Dalam peluncuran ini, Zulhas sempat berdialog dengan pedagang Tokopedia Rendang Uninam yang menawarkan produk makanan dan pedagang Tiktok Ayu Nabila JKT dengan produk pakaian. 

Baca juga: TikTok Shop Masih Boleh Transaksi di Satu Platform, Mendag: Teknologinya Tinggi, Butuh Penyesuaian

Para pedagang tampak senang bisa berbincang dengan Zulhas. Mereka menyampaikan kenaikan omzet dan kemajuannya berdagang secara daring setelah bergabung dengan e-commerce.

Zulhas mengatakan, kemajuan zaman mengharuskan pelaku usaha untuk mengikuti perkembangan teknologi. Untuk itu, pelaku UMKM harus berkembang dengan bergabung dengan e-commerce.

"UMKM, selain luring memang mau tidak mau harus mengikuti perkembangan,” kata Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) tersebut. 

Zulhas mengatakan, pemerintah telah mengatur dan menata agar perkembangan teknologi yang dipakai bisa mendukung UMKM dan industri dalam negeri, bahkan bisa go international

Baca juga: Mendag Zulhas Jadi Host Shopee Live, Promosikan Produk UMKM Lokal

“Jangan sampai e-commerce mematikan UMKM dan industri lokal. Kami ingin sama-sama maju dan berkembang,” ungkapnya. 

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com