Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS

Kisah Pengusaha Alumni UGM M Abdurrohman Alhafidz, Bangun Startup Software ERP Lokal untuk Melawan Kompetisi Global

Kompas.com - 21/12/2023, 17:17 WIB
Nirwana Hafizh,
Sri Noviyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Dalam dunia bisnis yang terus berubah, hadirnya seorang pemimpin muda di dunia teknologi menjadi sinar harapan bagi banyak generasi muda lainnya. Salah satu kisah yang menginspirasi adalah perjalanan pengusaha muda alumni Master of Business Administration (MBA) Universitas Gajah Mada (UGM) yang kini merupakan Chief Executive Officer (CEO) PT Metafora Indonesia Teknologi (IDMETAFORA) M Abdurrohman Alhafidz.

Mengawali kisahnya pada 2009 ketika masih duduk di bangku Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 2 Sekayu, Musi Banyuasin, Sumatera Selatan, Alhafidz memiliki impian besar di dunia teknologi.

Dengan tekun belajar bahasa pemrograman, ia berhasil memenangkan beberapa kompetisi tingkat nasional. Hal ini membuktikan dedikasinya terhadap dunia teknologi sejak usia muda.

Tahun 2012 menjadi poin krusial dalam perjalanannya. Ia merantau ke Yogyakarta untuk mengejar pendidikan di tingkatan sarjana (S1) di Teknik Informatika Universitas Mercu Buana Yogyakarta. Usai itu, pada 2019 melanjutkan Magister (S2) MBA di UGM Yogyakarta.

Tekad Alhafidz kala itu tidak hanya menambah pengetahuan, tetapi juga membuka peluang untuk merintis bisnis di masa depan. Pengalaman merantau membentuk wawasan dan jaringan, menjadi pondasi kuat untuk langkah selanjutnya.

Belum menyelesaikan pendidikan Sarjana, pada 2014 sambil kuliah, Alhafidz membangun bisnis di bidang aplikasi bisnis terintegrasi atau lebih dikenal dengan nama software Enterprise Resources Planning (ERP).

Keputusannya menciptakan aplikasi software ERP di Indonesia, meski kompleks, mencerminkan keyakinannya pada potensi bisnis ini.

Baca juga: Ingin Tingkatkan Skala Usaha? Berikut 17 Software ERP Terbaik untuk Bisnis

Riset pasar yang mendalam, pemahaman kebutuhan pelanggan, dan analisis persaingan menjadi dasar kokoh dirinya untuk mendirikan IDMETAFORA.

Dengan modal awal terbatas dari uang saku harian sebesar Rp 89.000 pada 2014, Alhafidz meluncurkan startup IDMETAFORA ERP. Keberaniannya dalam mengambil risiko dan memulai usaha menciptakan pondasi yang kuat dan fokus pada kualitas produk dan layanan.

Alhafidz membuktikan bahwa bisnis tidak selalu tentang modal besar, tetapi keberanian dan kreativitas.

Dengan fokus pada kepuasan pelanggan, kini IDMETAFORA berhasil melayani sejumlah klien terkemuka di Indonesia, seperti PT Chandra Asri Petrochemical Tbk, PT Madusari Murni Indah Tbk, Mubadala Energy, PT Pertamina (Persero), serta ratusan perusahaan lainnya.

Keberhasilan tersebut tak lepas dari keberhasilan IDMETAFORA dalam membangun reputasi sebagai pemain kunci dalam solusi software ERP.

Hal itu terbukti dari berbagai penghargaan yang didapat dari berbagai media nasional dan riset pasar yang menyebutkan bahwa IDMETAFORA sebagai software ERP terbaik di Indonesia, bahkan di tengah persaingan bisnis ERP yang digempur banyak software dari luar negeri.

Keberhasilan Alhafidz dan IDMETAFORA menjadi inspirasi bagi banyak perusahaan, tidak hanya di Indonesia tetapi juga di luar negeri.

Alhafidz dan timnya mengerti bahwa kesuksesan bisnis tidak hanya tentang menciptakan produk inovatif, tetapi juga komitmen pada kepuasan pelanggan dan pengembangan teknologi secara berkelanjutan.

Halaman:
Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com