BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan IM3 Indosat

Tegaskan Status The Most Consistent Experience dari OpenSignal, IM3 Tingkatkan Kualitas Jaringan Jelang Akhir Tahun

Kompas.com - 23/12/2023, 20:09 WIB
Erlangga Satya Darmawan,
Sheila Respati

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Pada Juni 2023, layanan seluler perusahaan penyedia jasa telekomunikasi, Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH), IM3, mendapatkan penghargaan The Most Consistent Experience dari OpenSignal.

Penghargaan tersebut diberikan lantaran IM3 dinilai mampu menghadirkan kenyamanan secara konsisten bagi para pengguna seluler di Tanah Air melalui kualitas sinyal yang diberikan.

OpenSignal pun menilai bahwa kualitas jaringan dari IM3 sangat cepat dan stabil saat digunakan untuk berselancar di dunia maya, mulai dari panggilan video hingga mengunggah gambar ke platform media sosial (medsos).

Kelebihan tersebut juga dinilai sebagai faktor yang mendorong peningkatan penggunaan layanan IM3 oleh masyarakat sepanjang 2023, khususnya oleh generasi muda.

Demi menjaga kredibilitas dan statusnya sebagai salah satu provider terbaik di Tanah Air, IM3 baru-baru ini kembali mengoptimalisasi infrastruktur dan kapasitas jaringan.

Langkah tersebut diambil untuk memastikan konektivitas internet yang cepat, luas, dan stabil saat menghadapi lonjakan traffic data jelang akhir tahun.

IM3 sendiri telah memprediksi lonjakan traffic data hingga 11,5 persen selama momen liburan Tahun Baru dibandingkan rata-rata penggunaan data internet harian.

Lonjakan tersebut dipicu oleh peningkatan penggunaan sejumlah aplikasi medsos, seperti WhatsApp, Facebook, dan Youtube.

Selain medsos, aplikasi gaming, seperti Mobile Legends, Roblox, dan PUBG, juga diprediksi mengalami lonjakan pengguna.

Director and Chief Commercial Officer Indosat Ooredoo Hutchison Ritesh Kumar Singh mengatakan, permintaan terhadap kebutuhan konektivitas internet biasanya semakin besar jelang akhir tahun.

Oleh karena itu, sambungnya, IM3 akan terus mengoptimalkan jaringannya guna memberikan kenyamanan kepada pelanggan.

“Untuk menghadapi potensi lonjakan lalu lintas data jelang libur Tahun Baru 2024, Indosat telah meningkatkan konektivitas jaringannya secara proaktif dengan melakukan optimasi pada 434 lokasi prioritas dan peningkatan kapasitas di 527 titik,” ujar Ritesh dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Jumat (22/12/2023).

Ritesh menambahkan, Indosat juga sudah menggelar uji coba jaringan di wilayah yang diprediksi akan mengalami peningkatan perjalanan selama liburan, seperti Trans Jawa, Trans Sumatera, Cikampek, Samarinda, dan Balikpapan.

Adapun hasil uji coba itu akan digunakan untuk mengoptimalkan kecepatan jaringan Indosat di wilayah tersebut melalui bantuan Command Center 24/7 yang berpusat di Indosat Ooredoo Hutchison Network Operation Center (INOC) dan Indosat Ooredoo Hutchison Service Operation (ISOC).

Baca juga: Tetap Terkoneksi Tanpa Kartu Fisik, Ini Deretan Keunggulan eSIM dari IM3

“Command Center ini didukung oleh kecerdasan buatan (AI/ML) dan otomatisasi di network operation center agar dapat memantau ketersediaan dan kualitas jaringan,” kata Ritesh.

Pengembangan jaringan Indosat, lanjut Ritesh, telah mencapai target yang signifikan pada 2023.

Ke depan, Indosat telah mengusung misi yang jauh lebih besar. Salah satu misi tersebut adalah menghadirkan kualitas jaringan yang unggul ketimbang kondisi saat ini.

“Melihat pencapaian saat ini serta mengamati tren dan potensi industri telekomunikasi pada 2024. Kami percaya bahwa posisi kami adalah untuk merevolusi pengalaman digital masyarakat Indonesia,” ucap Ritesh.

Kembali adakan Collabonation Tour

Tak hanya memberikan layanan seluler yang stabil dan berkualitas, IM3 juga melakukan berbagai upaya lain agar dapat memberikan pengalaman kepada seluruh pelanggannya, khususnya generasi muda.

Salah satu upaya tersebut adalah mengadakan rangkaian konser musik Collabonation Tour sepanjang 2023. Ajang ini diselenggarakan untuk mendukung generasi muda dalam bidang seni dan musik.

Collabonation Tour 2023 sendiri diadakan di berbagai kota di Indonesia, seperti Madiun, Purwokerto, Palembang, Bantul, Pamekasan, Mataram, Kupang, Samarinda, Parepare, Sumbawa Besar, Bandar Lampung, dan Brebes.

Pada 2024, IM3 berkomitmen untuk menggelar Collabonation Tour di lebih banyak kota dan tidak hanya akan fokus pada kota-kota besar saja.

Penawaran promo akhir tahun

Sebagai informasi, IM3 saat ini tengah menghadirkan promo spesial akhir tahun di berbagai platform e-commerce. Salah satunya, melalui Tokopedia.

Di platform tersebut, IM3 menghadirkan diskon hingga Rp 100.000 untuk paket Freedom Internet 30 hari + ekstra diskon voucer hingga Rp 12.000.

IM3 hadirkan sejumlah promo akhir tahun melalui paltform e-commerce. Dok. Indosat IM3 hadirkan sejumlah promo akhir tahun melalui paltform e-commerce.

Selain itu, ada juga diskon hingga Rp 100.000 untuk paket Freedom Internet 30 hari + ekstra koin hingga 10 persen yang hadir di platform Shopee. Program ini berlangsung mulai 22 Desember 2023–5 Januari 2024.

Semua promo tersebut dihadirkan untuk membantu pelanggan agar bisa terus terhubung dengan orang-orang terdekat.

Selain itu, promo tersebut juga hadir agar berbagai aktivitas digital, seperti streaming, gaming, dan akses ke hiburan favorit selama 24 jam, dapat terus lancar tanpa gangguan, khususnya selama periode libur Tahun Baru 2024.

Untuk informasi lengkap mengenai jaringan IM3 yang lebih stabil dan cepat, produk Freedom internet, serta layanan IM3 lainnya, silakan kunjungi laman im3.id/tahunbaru atau akun resmi IM3 di Instagram @indosatIM3.

Baca juga: Seru-seruan Bareng, IM3 Hadirkan Beragam Keistimewaan untuk Nikmati Serunya Hidup Simpel di Pestapora 2023

Baca tentang

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com