Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pyridam Farma Akuisisi Perusahaan Farmasi Asal Australia

Kompas.com - 25/12/2023, 13:00 WIB
Rully R. Ramli,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Perusahaan tercatat atau emiten farmasi, PT Pyridam Farma Tbk (PYFA), melalui anak usahanya, PYFA Australia Pty Ltd, berencana mengakuisisi perusahaan farmasi asal Australia, Probiotec Limited.

CEO Pyridam Farma Lee Ya Gwan mengatakan, aksi korporasi itu ditandai dengan penandatanganan pernjian Scheme Implementation Deed (SID) untuk pengambilalihan atas seluruh saham yang diterbitkan Probiotec Limited.

Namun demikian, ia tidak merinci jumlah saham yang telah diterbitkan Probiotec Limited, sehingga nilai transaksi dari aksi tersebut belum diketeahui.

"Sejalan dengan ambisi Pyridam Farma untuk menjadi pemain farma global, kami menyadari akan pentingnya inovasi serta penelitian," ujar dia, dalam keterangannya, Senin (25/12/2023).

Baca juga: Pyridam Farma Resmi Akuisisi PT Ethica Industri Farmasi

Lebih lanjut Lee bilang, aksi akuisisi menjadi penting bagi perseroan, sebab Probiotec Limited merupakan salah satu perusahaan farmasi terbesar asal Australia dalam bidang manufaktur yang bermitra dengan pemain besar global seperti Johnson&Johnson, Pfizer, iNova, hingga Blackmores.

Dengan akuisisi tersebut, perseroan berupaya melakukan ekspansi pasar di kancah global dan memperluas pangsa pasar perseroan.

Baca juga: Selama 2021, Pyridam Farma dan PYFA Group Catatkan Peningkatan Penjualan 127 Persen


"Akuisisi ini akan memberikan akses ke teknologi terdepan dan juga kesempatan untuk bermitra dengan pemain farmasi global yang nantinya akan menguntungkan industri farmasi di Indonesia," tuturnya.

Sebagai informasi, Pyridam Farma membukukan rugi bersih sebesar Rp 45,49 miliar pada kuartal III-2023, disebabkan oleh pendapatan perseroan yang terkontraksi menjadi Rp 520,47 miliar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com