Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KCI Investigasi Munculnya Percikan Api di Kolong KRL Jabodetabek

Kompas.com - 27/12/2023, 06:35 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT KAI Commuter (KCI) mengkonfirmasi adanya armada KRL Jabodetabek yang terbakar di Stasiun Bojonggede pada Selasa (26/12/2023) malam.

External Relations and Corporate Image Care KAI Commuter Leza Arlan mengatakan, kejadian ini terjadi pada KRL Nomor 1387 rute Bogor-Jakarta Kota tepatnya di jalur 1 Stasiun Bojonggede pukul 18.50 WIB.

Akibatnya, armada tersebut dihentikan operasionalnya untuk diinvestigasi lebih lanjut. Seluruh penumpang KRL tersebut dialihkan ke KRL Nomor 1382 relasi Bogor-Jakarta Kota di Stasiun Bojonggede.

Baca juga: KRL Jabodetabek Belum Diperpanjang Sampai Karawang, Ini Sebabnya

"Imbas kendala tersebut, perjalanan Commuter Line No. 1387 tidak bisa melanjutkan perjalanannya kembali," ujarnya saat dikonfirmasi Kompas.com, Selasa (26/12/2023).

Dia menyebut untuk tetap melayani pengguna, KCI menukar rangkaian tersebut dengan rangkaian kereta cadangan.

KCI juga melakukan rekayasa pola operasi KRL Nomor 1388 yang seharusnya perjalanan hingga Stasiun Bogor dijalankan hanya sampai Depok untuk kembali menuju Jakarta.

Baca juga: Malam Tahun Baru, Perjalanan KRL Ditambah, Beroperasi hingga Jam 03.00-04.00 Dini Hari

"Imbas kendala tersebut, perjalanan Commuter Line No. 1387 mengalami keterlambatan 47 menit," kata Leza.

Sementara itu, petugas terkait juga telah melakukan pemeriksaan awal atas kendala tersebut. Setelah dilakukan pemeriksaan awal, rangkaian yang terkendala tersebut kembali dijalankan untuk menuju Depo Depok untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

"Pihak terkait saat ini masih melakukan pemeriksaan secara detail dan menyeluruh untuk mengetahui penyebab dari kendala tersebut," tuturnya.

Baca juga: Dampak Switch Over Ke-7 Stasiun Manggarai, Pergerakan Penumpang KRL Jadi Lebih Mudah

Sebagai informasi, beredar video yang menunjukkan bagian bawah sebuah gerbong KRL mengeluarkan percikan api.

Pada video yang diunggah akun Twitter atau X Jalur5 Community @jalur5_, disebutkan kejadian ini terjadi pada KA 1387B di Stasiun Bojonggede. Disebutkan, KRL ini mengalami konsleting listrik yang disebabkan oleh hujan deras disertai petir.

Pada video kedua, terlihat para penumpang KRL sedang mengantre untuk tap out di gerbang keluar stasiun. Kondisi terlihat cukup kondusif karena para penumpang tidak terlihat berebut keluar peron atau saling mendorong.

"Kolong KRL JR 205 terbakar di Bojong Gede Diduga akibat korsleting listrik dan tersambar petir. KA 1387B (dilayani seri JR 205) terbakar di Stasiun Bojong Gede, Bogor. Penumpang KRL tersebut dievakuasi," tulis akun komunitas kereta @jalur5_, Selasa malam.

Baca juga: KAI Berencana Ubah KA Feeder Whoosh Jadi KRL

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com