Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Soal Baim Wong Jual iPad Rp 1 Juta, Bea Cukai: Generasi Lama, Seken, Wifi Only

Kompas.com - 30/12/2023, 17:03 WIB
Yohana Artha Uly,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ramai pembahasan di media sosial terkait artis Baim Wong yang berencana menual iPad dengan harga miring Rp 1 juta. Banyak pihak yang mempertanyakan legalitas dari penjualan produk tersebut.

Baim Wong pun menyambangi langsung Kantor Bea dan Cukai Kementerian Keuangan (Kemenkeu) terkait hal tersebut pada Jumat (29/12/2023). Hal itu diunggahnya dalam akun Instagramnya @baimwong.

"Langsung aja ke Bea Cukai-nya. Kalau ga salah, ngapain takut. Bukti-bukti juga dibawa ke Bea Cukai," tulis Baim dalam postingannya dikutip Kompas.com, Sabtu (30/12/2023).

Baca juga: Kaleidoskop 2023: Mario Dandy, Awal Terkuaknya Pamer Harta Pegawai Pajak dan Bea Cukai

Terkait pertemuan tersebut, Direktur Komunikasi dan Bimbingan Pengguna Jasa Dirjen Bea Cukai Kemenkeu, Nirwala Dwi Heryanto mengatakan, pihaknya dengan Baim Wong berkomunikasi langsung berkait penjualan iPad harga miring.

Ia bilang, Baim Wong menjelaskan dan menunjukan bukti bahwa atas iPad tersebut dibeli dari penjual di dalam negeri, alias transaksi dalam negeri.

"Jenis barangnya merupakan iPad generasi lama, yaitu iPad Air 2 16 GB second (seken), wifi only," ujar Nirwala kepada Kompas.com, Sabtu (30/12/2023).

Menurut dia, pihak Bea Cukai telah memberikan masukan kepada Baim agar sebelum menjual barang tersebut, terlebih dahulu mempelajari dan memenuhi aturan-aturan penjualan barang elektronik yang diatur di dalam negeri.

"Bea Cukai selanjutnya akan meneliti dokumen yang disampaikan oleh Baim Wong, untuk melihat keselarasan dengan ketentuan," kata Nirwala.

Sebelumnya, melalui akun Instagram dan TikTok, Baim Wong mengatakan, dirinya akan menjual perangkat elektronik keluaran Apple itu dengan harga Rp 1 juta. Unggahan itu ia buat dengan memperlihatkan sejumlah kardus berisikan sejumlah iPad yang hanya dibungkus plastik.

"Siapa yang bilang iPad mahal hayo? Enggak. Saya kasih harga murah Rp 1 juta," kata dia, melalui akun resmi media sosialnya, dikutip Rabu (27/12/2023).

Unggahan tersebut kemudian menuai pernyataan dan pertanyaan dari netizen. Sejumlah netizen mempertanyakan asal iPad yang akan dijual Baim Wong.

Netizen sempat menduga, iPad yang akan dijual merupakan barang bekas yang diolah kembali atau refurbished dan diimpor dari luar negeri.

Baca juga: Bea Cukai Segera Telusuri Unggahan Baim Wong Jual Ipad Rp 1 Juta

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com