Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemerintah Buka 1,6 Juta Formasi PPPK 2024 di Instansi Pusat dan Daerah

Kompas.com - 06/01/2024, 16:07 WIB
Mela Arnani

Penulis

KOMPAS.com - Pemerintah akan kembali mengadakan rekrutmen pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) tahun 2024.

Formasi yang dialokasikan untuk seleksi PPPK 2024 sebanyak 221.936 formasi di instansi pusat dan 1.383.758 formasi di instansi daerah.

Adapun formasi PPPK 2024 di instansi daerah terdiri dari 419.146 formasi guru, 417.196 formasi tenaga kesehatan, dan 547.416 formasi tenaga teknis.

Baca juga: Rekrutmen CASN 2024 Dibuka Sebanyak 2,3 Juta Formasi, Ini Rinciannya

Pemerintah berkomitmen menuntaskan tenaga non aparatur sipil negara (non-ASN), termasuk eks Tenaga Honorer Kategori II (THK-II), sesuai amanat Undang-Undang (UU) Nomor 20 Tahun 2023 tentang ASN.

“Salah satunya dengan kebijakan konkrit penetapan formasi untuk PPPK yang mencapai 1,6 juta pada tahun ini, yang tentunya ini memberi ruang bagi tenaga non-ASN untuk menjadi PPPK,” kata Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenpanRB) Abdullah Azwar Anas dalam keterangan tertulis yang dikutip Kompas.com, Sabtu (6/1/2024).

Untuk formasi dosen, guru, dan tenaga kesehatan, akan dilakukan penataan jumlah dan persebaran dengan mewujudkan pemerataan ke seluruh daerah di Tanah Air.

Baca juga: Pemerintah Buka 690.822 Formasi CPNS 2024 di Instansi Pusat dan Daerah

Visi besar Indonesia-Sentris yang sudah dijalankan bukan hanya soal pembangunan infrastruktur fisik semata, tapi juga pembangunan sumber daya manusia (SDM) agar daerah-daerah terutama di luar Jawa mendapatkan talenta unggul di bidang pendidikan dan kesehatan.

“ASN saat ini dan masa depan harus bisa mendorong peningkatan kinerja, akuntabilitas pemerintah, dan pemerataan kualitas pelayanan publik di seluruh tanah air termasuk daerah terdepan, terluar, dan tertinggal,” ujar Anas.

“Pemerintah menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada seluruh ASN dan tenaga non-ASN, termasuk eks tenaga honorer yang semuanya terus berkolaborasi dan bekerja keras dalam melayani publik, mendidik anak-anak bangsa, dan menyehatkan warga masyarakat dengan penuh pengabdian,” lanjut dia.

Baca juga: Pemerintah Kembali Buka Seleksi CASN 2024, Ini Prioritas Kebutuhannya

Dalam pelaksanaan seleksi calon aparatur sipil negara (CASN) 2024, pemerintah juga berfokus untuk menciptakan SDM yang adaptif terhadap teknologi demi kemajuan Indonesia.

“Sehingga tahun ini juga disiapkan rekrutmen talenta digital untuk memastikan transformasi pelayanan publik berbasis digital yang sedang dikerjakan pemerintah bisa berjalan dengan baik, dalam kerangka Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE),” papar Anas.

Selain itu, pemerintah juga menyiapkan rekrutmen ASN untuk ditempatkan di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

ASN di IKN Nusantara akan menjadi pendorong lahirnya kota dunia baru dengan paradigma kerja baru sebagai smart city yang agile, melayani sepenuh hati, dan adaptif terhadap tantangan zaman.

Pemerintah memastikan sistem rekrutmen ASN terus diperbaiki untuk memastikan birokrasi diisi oleh talenta yang unggul.

Baca juga: Cara Mengisi Daftar Riwayat Hidup PPPK Guru 2023

CPNS dan sekolah kedinasan 2024

Tidak hanya rekrutmen PPPK, pemerintah juga akan membuka seleksi CPNS dan sekolah kedinasan (sekdin).

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com