Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seleksi CPNS Dimulai Mei 2024, Instansi Pemerintah Diminta Segera Usulkan Kebutuhan ASN

Kompas.com - 10/01/2024, 10:44 WIB
Haryanti Puspa Sari,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) mengimbau instansi pemerintah untuk segera mengusulkan kebutuhan formasi Aparatur Sipil Negara (ASN).

Plt Deputi Bidang SDM Aparatur Kementerian PAN-RB Aba Subagja mengatakan, pengusulan kebutuhan ASN tahun 2024 dijadwalkan akan dibuka sampai dengan 31 Januari 2024.

Pengusulan tersebut, kata dia, harus disampaikan kepada Kementerian PAN-RB melalui aplikasi formasi elektronik (e-formasi).

Baca juga: Pemerintah Buka 690.822 Formasi CPNS 2024 di Instansi Pusat dan Daerah

Ilustrasi tes CPNS. KOMPAS/RADITYA HELABUMI Ilustrasi tes CPNS.

"Kita dorong agar instansi pemerintah baik pusat maupun daerah memanfaatkan alokasi formasi sesuai kebutuhan agar reformasi birokrasi berdampak bisa terwujud secara optimal melalui peran SDM," kata Aba dalam keterangan tertulis melalui laman resmi KemenPAN-RB, Rabu (10/1/2024).

Terkait jadwal pelaksanaan rekrutmen CPNS alias CASN 2024, Aba mengatakan, direncanakan akan digelar dan bila memungkinkan dapat dilakukan paling banyak 3 kali dalam satu tahun.

Ia mengatakan, untuk tahap pertama pelaksanaan rekrutmen CASN 2024 yang terdiri dari seleksi CPNS dan PPPK, dilaksanakan pada bulan Mei 2024, dan untuk tahap pertama diharapkan semua K/L/D dapat memasukkan data dalam platform digital.

"Ini ditargetkan nanti bulan Mei sudah dilakukan tes, dan jika belum masih kosong lagi, masih bisa tes di berikutnya," ujarnya.

Baca juga: Rekrutmen CPNS 2024 Fokus pada Guru dan Tenaga Kesehatan, Berikut Rinciannya

Sebelumnya, Presiden RI Joko Widodo telah mengumumkan pembukaan rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2024 pada Jumat (5/1/2024) lalu.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com