Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cerita Delicious Bakery di Bogor, Pertahankan Resep Era Belanda di Tengah Gempuran Roti Modern

Kompas.com - 13/01/2024, 08:02 WIB
Kiki Safitri,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

BOGOR, KOMPAS.com - Sebagai pekerja yang bermukim di kawasan Kota Bogor, hampir setiap hari saya melewati toko roti dan kue legendaris Delicious Bakery yang berada di Jl. Mawar Nomor 22, Menteng, Bogor Barat.

Toko roti yang sempat berjaya di era 1970 hingga 1980-an itu kini hanya memproduksi roti dan kue dalam jumlah sedikit, lantaran sepi peminat.

Di tengah gempuran pemain food and beverages (F & B) besar saat ini, Delicious Bakery tetap menjalankan usahanya meskipun dengan kondisi tertatih. Padahal, Delicious Bakery bukanlah pemain baru di industri FnB karena toko roti dan kue legendaris itu sudah berdiri lebih dari 84 tahun.

Baca juga: Cerita Olivia Bangun Pabrik Cokelat yang Sehat hingga Tembus Ekspor ke Eropa

Delicious BakeryKompas.com / Kiki Safitri Delicious Bakery

Pada Jumat (12/1/2024) jadwal kerja saya tidak terlalu padat, sehingga bisa mampir ke Delicious Bakery sekaligus berbincang dengan pemiliknya.

Lokasi Delicious Bakery juga satu arah dengan tujuan saya, yaitu Stasiun Bogor, jadi tanpa pikir panjang saya memutuskan untuk mampir.

Setiba di Delicious Bakery, saya merasakan nuansa bangunan klasik dan oriental yang kental di setiap sudut bangunan. Di beberapa area terpasang CCTV serta etalase kayu klasik berisi ragam roti dan kue.

Selain itu juga ada beberapa kue jajanan pasar, dan juga permen yang dijual di toko tersebut.

Baca juga: Cerita Hikmah, Mantan Guru Honorer Bangun Bisnis Tas Heylook

Saya disapa ramah oleh salah satu kerabat dari pemilik Delicious Bakery. Perempuan yang berusia sekitar 20 tahun itu melayani saya yang sedang memilih-milih roti, sekaligus ingin bertemu sangat pemilik usaha, yakni Ratna Swani (63). 

Perempuan berdarah Tionghoa itu merupakan istri dari Kaman (Tan Hong Tjin). Kaman telah meninggal tahun lalu, dan merupakan generasi ketiga dari pemilii bisnis tersebut.

Kaman merupakan keponakan dari Daud yang merintis bisnis Delicious Bakery.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com