Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pangsa Pasar Aplikasi Aset Kripto Pintu Naik 2 Kali Lipat

Kompas.com - 15/01/2024, 15:36 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Tahun 2024 menjadi tahun yang dinanti-nanti oleh investor kripto. Sebab, banyak peristiwa yang kehadirannya diharapkan dapat mendorong optimisme pasar kripto.

Dua peristiwa tersebut di antaranya, exchange-traded fund (ETF) Bitcoin Spot yang baru-baru ini telah mendapatkan persetujuan dari Komisi Sekuritas dan Bursa Amerika Serikat (AS) dan Bitcoin Halving yang diprediksi terjadi pada bulan April mendatang.

Sejak kedua peristiwa ini dihembuskan di tahun 2023, ada dampak positif bagi peningkatan transaksi perdagangan aset kripto di bursa Indonesia.

Baca juga: SEC Setujui ETF Bitcoin, Indodax: Sinyal Positif bagi Industri Kripto

Mata uang kripto paling bernila di dunia tahun 2023Unsplash/kanchanara Mata uang kripto paling bernila di dunia tahun 2023

Timothius Martin, Chief Marketing Officer PINTU mengungkapkan, seiring pulihnya kondisi pasar kripto, aplikasi Pintu mengalami pertumbuhan eksponensial dalam beberapa bulan terakhir.

"Secara year-on-year (YoY) (tahunan) volume perdagangan Pintu di bulan Desember 2023 meningkat lebih dari 5 kali lipat dibandingkan dengan Desember 2022," kata Timothius dalam keterangan tertulis, Senin (15/1/2024).

Selain itu, Monthly Trade Users (MTU) secara tahunan juga tumbuh hampir mencapai 90 persen dibandingkan bulan Desember 2022. Peningkatan pesat ini mendorong pertumbuhan market share Pintu yang tumbuh hingga 2 kali lipat secara kuartalan, yaitu pada kuartal IV dibandingkan dengan kuartal III 2023.

Pertumbuhan transaksi perdagangan kripto juga dirasakan oleh bursa kripto global. Berdasarkan analisis data yang dilakukan oleh tim WuBlockchain, pada bulan Desember 2023, volume perdagangan spot di bursa utama kripto global mengalami kenaikan sebesar 27,4 persen.

Baca juga: Dukung Pertumbuhan Bisnis, Bursa Kripto Upbit Umumkan COO Baru

“Kenaikan transaksi perdagangan crypto di PINTU pada tahun 2023 mayoritas berasal dari pengguna aktif Pintu pada tahun 2021 dan 2022. Hal tersebut membuktikan bahwa Pintu memiliki user dengan loyalitas tinggi yang terlibat aktif dan percaya kepada layanan yang dihadirkan," papar Timothius.

Untuk terus memberikan pilihan berinvestasi, imbuh dia, Pintu telah meluncurkan beberapa fitur baru seperti Auto DCA, Limit Order, dan yang terbaru adalah Web3 Wallet, sebuah dompet Web3 paling simpel dan aman di Indonesia untuk mendukung ekosistem Web3 yang lebih mudah.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com