Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS

Bank Mandiri Umumkan Jawara Wirausaha Muda Mandiri (WMM) 2023

Kompas.com - 20/01/2024, 17:08 WIB
Sheila Respati

Penulis

KOMPAS.com -- Bank Mandiri kembali menggelar kompetisi wirausaha terbesar di Indonesia, Wirausaha Muda Mandiri (WMM) 2023. Kompetisi tersebut yang berhasil mencetak jawara baru dari berbagai bidang usaha.

Sebagai informasi, WMM 2023 merupakan program unggulan Bank Mandiri yang telah berlangsung sejak 2007.

Corporate Secretary Bank Mandiri Teuku Ali Usman mengatakan, WMM menjadi wujud nyata dari komitmen Bank Mandiri dalam mendukung pengembangan wirausaha muda di Indonesia. Hal itu ia sampaikan pada Puncak WMM Award 2023 di JW Marriot, Surabaya, Jumat (19/1/2024).

Namun, konsistensi tersebut, lanjutnya, tidak hanya berhenti pada tahapan kompetisi, tetapi juga berlanjut ke tahap pendampingan dan pengembangan usaha. Bank Mandiri juga mendukung promosi produk wirausaha di skala lokal dan nasional.

“WMM tidak hanya menjadi ajang perlombaan saja, tetapi juga sudah menjadi sebuah komunitas pengusaha muda yang solid dan terus meluas dari tahun ke tahun. Ini yang menjadi semangat bagi kami untuk terus konsisten mengembangkan wirausaha muda Indonesia,” ujar Ali menurut rilis yang diterima Kompas.com, Sabtu (20/1/2024).

Baca juga: Pemenang Wirausaha Muda Mandiri Hadirkan Solusi untuk Hemat Kuota Internet saat WFH

WMM 2023 berhasil menjaring 8.290 pendaftar dari seluruh Indonesia. Para pendaftar berasal dari beragam jenis dan kategori usaha. Dari total pendaftar tersebut, terpilih 24 pengusaha yang lolos ke babak final.

Pada babak final, mereka diuji oleh para dewan juri yang terdiri dari Direktur Utama Bank Mandiri Darmawan Junaidi, Founder Cultivar Coffeehouse Wulan Guritno, Founder USS Network Sayed Muhammad, dan CMO Fore Coffee Matthew Adrian.

Pemilik usaha Bell Living Lab, Arka Irfani, terpilih sebagai finalis yang membawa pulang penghargaan kategori Best of Best WMM 2023. Ia pun menerima hadiah sebesar Rp 500 juta yang berguna bagi pengembangan bisnisnya.

Bell Living Lab merupakan bisnis daur ulang limbah kopi. Dengan kreativitas Arka, limbah kopi disulap menjadi produk fesyen yang kekinian. Limbah kopi yang tadinya tidak dianggap bernilai diubah menjadi produk yang berkelanjutan dan dapat digunakan banyak orang

"Saya merasa WMM sangat bermanfaat karena dapat bertemu dengan orang-orang yang inspiratif dan bisa saling kolaboratif. Saya tidak menyangka bisa mendapatkan pendanaan untuk mengembangkan bisnis sehingga produk kami semakin luas dimanfaatkan orang. Semoga WMM dapat terus meinspirasi generasi muda," kata Arka usai diumumkan sebagai Best of Best WMM 2023.

Selain Arka Irfani, terdapat juga pemenang Best of the Best dari setiap kategori yang dikompetisikan, Boga, Sosial dan Lingkungan, Teknologi, serta Kreatif. Berikut adalah daftarnya.

Kategori Boga

Juara 1 pada kategori Boga adalah Muhammad Bayu Hermawan yang memiliki bisnis bernama Tambiyaku. Tambiyaku merupakan perusahaan makanan sehat berbahan dasar sorgum yang menawarkan produknya dengan harga terjangkau.

Redha Taufik Ardias dengan bisnis Sila Artisan Tea terpilih sebagai juara 2. Sila Artisan Tea merupakan produsen teh yang berdiri sejak 2018. Bisnis ini memiliki misi mengangkat citra produk pertanian Indonesia untuk kesejahteraan insan tani, mewujudkan consumer wellness, dan kelestarian alam nusantara.

Baca juga: WMM 2023 Masuki Babak Puncak, Pantau Karya Para Finalisnya di Tunjungan Plaza 3, Surabaya

Juara 3 kategori ini diraih oleh Wiko Puji Susanto dengan bisnis Fishsnack. Melalui Fishsnack, Wiko menciptakan camilan berbahan ikan yang bergizi. Dengan adanya camilan ini, ia berharap masyarakat menjadi suka makan ikan. Tak hanya itu, makan ikan menjadi lebih praktis.

Halaman:
Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com