Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemerintah Bidik Nilai Lelang Rp 35 Triliun pada 2024

Kompas.com - 25/01/2024, 21:00 WIB
Rully R. Ramli,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) membidik nilai lelang sebesar Rp 35 triliun pada 2024. Nilai tersebut lebih tinggi dari target tahun lalu sebesar Rp 33 triliun.

Meskipun demikian, target lelang tahun ini lebih rendah dibanding dengan realisasi sepanjang tahun lalu. Direktur Lelang DJKN Kemenkeu Joko Prihanto mengatakan, realisasi lelang pada tahun lalu mencapai Rp 44,34 triliun.

"Untuk tahun 2024, target yang ditetapkan untuk lelang memang tidak sebesar capaian tahun 2023," kata dia di media briefing, di Jakarta, Kamis (25/1/2024).

Baca juga: Barang Lelang Termahal di RI Sepanjang 2023, Harga Tembus Rp 1,9 Triliun

Joko bilang, pada 2023 terdapat sejumlah peristiwa yang membuat nilai realisasi lelang melonjak. Salah satunya ialah lelang DJKN berhasil melelang barang sitaan Kejaksaan Agung atas kasus pencucian uang PT Asuransi Jiwasraya, berupa saham perusahaan tambang batu bara, PT Gunung Bara Utama senilai Rp 1,9 triliun.

Selain itu, DJKN juga berhasil melelang aset berupa lahan perkebunan kelapa sawit di Pekanbaru, senilai Rp 1,9 triliun pada pengujung tahun 2023. Kedua lelang dengan nilai jumbo tersebut kemudian mengerek realisasi nilai lelang pada tahun lalu.

"Dari 2 lelang ini cukup besar kontribusi kurang lebih Rp 4 triliun," ujar Joko.

Baca juga: Tertinggi Sepanjang Sejarah, Hasil Lelang Pemerintah Capai Rp 44,34 Triliun pada 2023

Sebagai informasi, jika dilihat berdasarkan jenisnya, lelang paling besar sepanjang tahun lalu berasal dari lelang sukarela. Tercatat nilai lelang sukarela mencapai Rp 18,71 triliun, melonjak dari tahun sebelumnya Rp 13,21 triliun.

Kemudian, lelang paling besar kedua berasal dari lelang hasil barang sitaan, nialinya mencapai Rp 11,78 triliun. Nilai ini lebih rendah dari tahun sebelumnya sebesar Rp 9,96 triliun.

"Ada juga yang kenaikannya cukup signifikan itu lelang barang rampasan sita kejaksaan, menjadi Rp 2,23 triliun," ucap Joko.

Baca juga: Pertamina dan Mitra Menang Lelang Blok Eksplorasi Migas di Malaysia

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com