Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jalan Tol IKN Tahap 1 Ditargetkan Rampung dan Fungsional Juli 2024

Kompas.com - 26/01/2024, 21:15 WIB
Mela Arnani

Penulis

KOMPAS.com - Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menargetkan jalan tol menuju Ibu Kota Nusantara (IKN) rsmpung bulan Juli tahun ini.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono telah melakukan peninjauan jaringan jalan menuju Ibu Kota Nusantara (IKN), yang menghubungkan Kota Balikpapan dengan Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN di Penajam Paser Utara.

“Terus perhatikan dan pastikan kualitasnya, karena jalan tol IKN ini harus lebih baik kualitasnya dibandingkan jalan tol lain yang sudah kita bangun. Jika ada kendala, segera identifikasi dan perbaiki. Pada Juli 2024 harus sudah selesai untuk tahap 1 dan bisa dioperasikan,” ujar Basuki dalam keterangan tertulis yang dikutip Kompas.com, Jumat (26/1/2024).

Baca juga: Menhub Targetkan Kereta Otonom di IKN Mulai Beroperasi Agustus 2024

Perkembangan pembangunan jalan tol IKN

Saat ini pembangunan jalan tol IKN tahap 1 sudah berjalan pada tiga seksi yang ditargetkan rampung dan fungsional pada Juli 2024 sebagai berikut:

  • Seksi 3A Karangjoang-KKT Kariangau sepanjang 13,4 km dengan progres 48 persen
  • Seksi 3B KKT Kariangau-Simpang Tempadung sepanjang 7,3 km dengan proges 57 persen
  • Seksi 5A Simpang Tempadung-Jembatan Pulau Balang sepanjang 6,7 km dengan progres 67 persen.

Baca juga: IKN Mengusung Bangunan Cerdas, PUPR: Bukan Coba-coba

Sementara itu, untuk seksi 6A Riko-Rencana Outer Ring Road IKN dan Seksi 6B Rencana Outer Ring Road-Simpang 3 ITCI, saat ini juga sudah dimulai pengadaan tanah dan konstruksinya dengan progres 4,8 persen pada Seksi 6A dan 17,5 persen pada Seksi 6B.

Dituliskan bahwa jalan tol IKN ini akan mempersingkat jarak tempuh dari Balikpapan menuju KIPP IKN, yang semula bila melewati Jalan Tol Balikpapan-Samarinda (Balsam) dan Lintas Sepaku membutuhkan waktu sekitar 2 jam 15 dengan jarak 95 km, menjadi sekitar 45 menit dengan jarak 57 km.

Tak hanya soal waktu, di sepanjang kiri dan kanan jalan tol ini ditanami pohon-pohon endemik Kalimantan, sesuai prinsip IKN sebagai kota hutan dan kota pintar (smart forest city).

Baca juga: LPS Bangun Kantor di IKN, Jokowi Harap Bisa Meningkatkan Kepercayaan Investor

Jembatan Pulau Balang

Peningkatan konektivitas menuju IKN juga dilaksanakan dengan melanjutkan kegiatan beautifikasi Jembatan Pulau Balang yang sudah selesai konstruksi pada tahun 2021.

Konstruksi Jembatan Pulau Balang terdiri dari jembatan utama sepanjang 804 meter, jembatan pendekat sepanjang 167 meter, dan jalan akses sepanjang 1.807 meter.

 

Pekerjaan pengamanan dan beautifikasi yang dimulai sejak September 2022 meliputi instalasi Structural Health Monitoring System (SHMS), armor blok beton, taman lansekap di area gedung Pusat Informasi Jembatan (PIJ), playground, ruko, toilet umum, masjid, pos jaga, floating dock, solar panel, dan amphitheatre.

Pekerjaan beautifikasi masuk dalam paket Pelindung Tumbukan Kapal (Fender) dan bangunan pelengkap dengan anggaran APBN (Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara) senilai Rp 306 miliar.

Baca juga: MPXL Bidik Pertumbuhan Kinerja di Awal 2024, Dukung Pembangunan IKN

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com