Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Serapan Anggaran BPSDMP 2023 Hampir 100 Persen

Kompas.com - 26/01/2024, 21:32 WIB
Yoga Sukmana

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP), Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyampaikan serapan anggaran pada 2023 hampir mencapai 100 persen.

Kepala Pusat Pengembangan SDM Perhubungan Laut, Ahmad mengatakan pagu anggaran sebesar Rp 2,13 triliun pada 2023, sedangkan penyerapannya sebesar Rp 2,12 triliun.

"Atau sekitar 99.71 persen," kata dia dalam siaran pers, Jumat (26/1/).

Sedangkan perguruan tinggi vokasi di matra laut menghasilkan 352.709 orang lulusan dari 13 perguruan tinggi yang ada di seluruh Indonesia.

Baca juga: Kemenhub Pastikan Pembangunan Flyover Krian dan Kedinding Rampung Sesuai Target

Adapun sebagian besarnya terserap pada bidang pekerjaan pelayaran, PNS, Pelabuhan dan Perusahaan BUMN.

Sementara Kepala Pusat Pengembangan SDM Perhubungan Udara, Achmad Setiyo Prabowo mengatakan penyerapan anggaran pihaknya mencapai 99.89 persen.

"Dimana dari pagu sebesar Rp 28,84 miliar kami berhasil melakukan realisasi anggaran sebesar Rp 28,81 miliar," kata dia.

Sepanjang 2015-2023, pihaknya telah mendidik sebanyak 5.310 taruna dan taruni, yang sebagian besarnya telah terserap dan bekerja di dalam dan luar negeri.

Baca juga: Pertimbangan Kemenhub Cabut Larangan Terbang Pesawat Boeing 737 MAX 9 Lion Air

Sedangkan, Kepala Pusat Pengembangan SDM Perhubungan Darat, Nahduddin mengatakan pihaknya telah melakukan sejumlah langkah untuk meningkatkan kualitas SDM lulusannya sekaligus mendorong daya serap lulusannya pada 2023.

Di antaranya kerja sama dengan Dunia Usaha dan Dunia Industri Kerja (DUDIKA) untuk mendukung pembelajaran, peningkatan pelayanan sarana dan prasarana, sosialisasi ke sekolah menengah/kejuruan, dan Mengenalkan Perguruan Tinggi matra darat menggunakan media social.

"Selain itu kami juga meningkatkan fungsi ikatan alumni sebagai sarana untuk bertumbuh, bertukar informasi dunia kerja, dan mempromosikan layanan di kampus matra darat dan kami gencar melaksanakan melaksanakan bussines gathering," katanya.

Baca juga: Kemenhub Targetkan Bandara Dhoho Kediri Beroperasi Februari 2024

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com